Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Legiun Veteran Padangpariaman: "Kita Korbankan Segalanya, Jangan Sia-siakan Kemerdekaan!"

26 April 2017 | 26.4.17 WIB Last Updated 2017-04-26T11:59:49Z

Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Padangpariaman memilih ketua baru pasca wafatnya Zuardi. Sepeninggal Zuardi, LVRI mengalami kekosongan kepemimpinan. Musyawarah digelar di Aula Saiyo Sakato Padangpariaman, Pariaman, Rabu (26/4/2017).

Menurut Kepala Seksi Personalia Kodim Pariaman 0308 Kap. Inf. Ali Muntir mengatakan tanpa adanya legiun veteran Indonesia tidak akan merdeka seperti saat ini.

Ia menyebut tiap daerah memiliki makam pahlawan untuk mengenang jasa pejuang. Bukan harta benda yang memerdekan Indonesia tapi dengan perjuangan jiwa dan raga serta tetesan darah para pejuang.

Ketua DPD LVRI Sumbar Faisal yang hadir saat itu menyambut baik kekompakan para pejuang veteran di masa tua mereka. Ia mengimbau pejuang menceritakan bagaimana semangat generasi terdahulu melawan penjajahan.

"Sampaikan kepada anak cucu kita jangan menyianyiakan kemerdekaan ini karena merah ialah gumpalan darah para pejuang yang telah gugur di medan perang dan putih ialah sucinya niat para pejuang kita," ungkap Faisal

Peci kuning keemasan legiun veteran, imbuh Faisal, ialah hadiah kemerdekaan untuk menghargai veteran. Tidak ada organisasi lain yang menggunakannya.

"Namun sekarang perhatian pemerintah kurang dalam membina kelangsungan hidup veteran," ungkap pria 84 tahun itu.

Kepala Dinas Sosial Padangpariaman Arman Adek yang mewakili bupati dalam acara itu menyampaikan kekagumannya kepada legiun veteran. Veteran dengan senjata seadanya berjuang tanpa gentar melawan penjajah bersenjata canggih.

Ia berharap dengan terpilihnya Ketua LVRI baru akan membawa kesejahteraan legiun veteran di Padangpariaman.

Ia mengatakan saat ini pihaknya menganggarkan rehabilitasi makam pahlawan agar lebih terawat dan indah.

Muscab dihadiri sekitar 120 orang legiun veteran. Legiun veteran terdiri dari veteran TNI dan Polri.

TIM
×
Berita Terbaru Update