Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Atlet Porprov Terima Bonus, Tarung Derajat Pariaman Raun-Raun

10 April 2017 | 10.4.17 WIB Last Updated 2017-04-10T13:33:24Z

Pemko Pariaman serahkan bonus sebesar Rp1,7 miliar kepada atlet dan pelatih peraih medali pada Porprov Sumbar XIV yang diselenggarakan di Kota Padang akhir 2016 lalu. Penyerahan digelar secara resmi melibatkan unsur forkopimda di aula Balaikota Pariaman, Senin (10/4/2017).

Disebutkan oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, dari 26 cabang olahraga yang diikuti, kontingen Kota Pariaman berhasil meraih medali pada 19 cabang olahraga. Ia bersyukur raihan prestasi itu murni dari keringat putri-putri asli Kota Pariaman.

"Atlet kita telah menunjukan prestasi yang membanggakan dan itu patut dihargai," ucap Mukhlis.

Ia menyebutkan pentingnya menggunakan atlet asli daerah dalam setiap perlagaan agar diketahui kemampuan atlet yang dimiliki. Dengan terukurnya kemampuan para atlet, pihaknya tentu akan terus berupaya mengembangkannya, baik dengan peningkatan sarana olahraga maupun dengan metode pelatihan berkelanjutan.

"Hingga kita bisa mengukur kemampuan atlet kita untuk pekan olahraga berikutnya," imbuhnya.

Ia menambahkan sejumlah sarana olahraga telah dibangun di Pariaman. Sarana olahraga yang dimiliki tersebut bahkan menjadi conjuring wisatawan.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi, menyebutkan bonus yang diserahkan kepada atlet dan pelatih langsung masuk ke rekening atlet/pelatih bersangkutan. Pihaknya hanya melakukan transfer terhadap rekening yang telah disediakan oleh mereka sebelumnya.

Kota Pariaman pada Porprov 2016 itu kata dia, meraih sebanyak 113 keping medali. Dengan rincian 19 medali emas, 37 perak dan 57 perunggu. Untuk cabang olahraga tarung derajat Kota Pariaman kembali meraih juara umum dengan perolehan 4 medali emas dan 7 medali perunggu. Cabang olahraga Muathay dan sepatu roda yang tergolong baru, juga disabet predikat juara umum.

Bonus atlet yang diserahkan sebesar Rp22 juta untuk peraih medali emas, Rp11 juta bagi peraih medali perak dan Rp5,5 juta bagi peraih medali perunggu.

"Sedangkan bonus bagi pelatih sebanyak bonus atlet dikali 30 persen. Juga kita anggarkan melalui APBD tahun 2017," ungkap Kanderi.

Disamping bonus tersebut, pihaknya juga memberikan dana pembinaan kepada delapan cabang olahraga yang memperoleh medali emas di ajang itu: sebesar Rp25 juta.

Dengan adanya dana pembinaan tersebut ia berharap pada Porprov XV di Kabupaten Padangpariaman mendatang, prestasi atlet dapat ditingkatkan.

Keluarga Atlet dan Pelatih Bersyukur

Pelatih cabang olahraga Tarung Derajat Kota Pariaman, Jon Erinaldi, menyebutkan pihaknya akan mengajak seluruh keluarga besar tarung derajat Kota Pariaman rekreasi pasca terima bonus. Raun-raun akan digelar pada hari Minggu 16 April 2017.

Rekreasi tersebut kata Jon, merupakan bentuk syukur mereka yang kembali berhasil meraih juara umum untuk cabang olahraga tarung derajat-- enam kali berturut-turut pada Porprov Sumbar.

"Untuk seluruh atlet dan keluarga besar tarung derajat, baik yang meraih medali maupun yang masih belum. Kita sediakan mobil carteran, biaya akomodasi dan segala biaya lainnya," sebut Jon.

Biaya yang dikeluarkan pada acara tersebut diambil dari bonus masing-masing atlet dan pelatih sendiri. Mereka berencana akan rekresai mandi di area wisata Mega Mendung, Tanah Datar.

"Sekaligus untuk meningkatkan silaturahmi antar sesama atlet, keluarga atlet, dengan pelatih dan ofisial. Kita semua sudah seperti keluarga besar," ujarnya.

Mery Karen, orangtua atlet tarung derajat menyebutkan bahwa tradisi raun-raun pasca terima bonus sudah dilakukan keluarga besar tarung derajat Kota Pariaman dalam tiga tahun terakhir.

"Sebagai orangtua kita bangga dengan keluarga besar tarung derajat. Mereka sudah seperti keluarga saja, hubungan antar atlet dan pelatih berjalan sangat harmonis," sebutnya.

OLP
×
Berita Terbaru Update