Suhatri Bur Lepas 5 Atlet Berkebutuhan Khusus Ikuti Peparpelda Sumbar




Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur lepas lima orang atlet berkebutuhan khusus untuk mengikuti Pekan Paralimpic Pelajar Daerah (Peparpelda) tingkat Sumbar di kantor Dinas Pendidikan Padangpariaman di Paritmalintang, Senin (6/3/2017). Peparpelda sendiri akan digelar di Padang dari tanggal 6 hingga 8 Maret 2017 dan diikuti oleh 17 kabupaten/kota se Sumatera Barat.

Kepada tiga orang guru yang akan mendampingi lima atlet berkebutuhan khusus tersebut, Suhatri Bur berpesan agar benar-benar melakukan pendampingan selama tiga hari mereka bertanding dan di asrama.

"Karena kondisinya tidak sama dengan anak yang normal. Saya minta kepada pendamping agar selalu mendampingi atlet kita dengan baik," ujar Suhatri.

Ia menyatakan, pemerintah daerah tidak akan membeda-bedakan pemberian bonus kepada setiap atlet. Para atlet berkebutuhan khusus pun, ujar dia, tetap akan diberikan bonus jika berhasil membawa pulang medali.

"Jumlahnya akan disesuaikan dengan keuangan daerah," ungkapnya.

Sementara itu Gustina, pendamping atlet berkebutuhan khusus yang juga guru SLB Sicincin, mengatakan bahwa lima atlet yang mewakili Padangpariaman ke Peparpelda tingkat Sumbar adalah atlet tunagrahita dan tunarungu.

"Mereka berlaga pada dua cabang olahraga yakni atletik dan renang," kata dia.

Ia optimis para atlet akan mampu membawa pulang medali karena merupakan atlet berkebutuhan khusus terbaik di Padangpariaman dan sebelum bertanding sudah melakukan persiapan matang.

"Para atlet sudah kita persiapkan dengan baik. Selama ini atlet mendapatkan pelatihan rutin di Sikabu Lubuk Aluang," tandasnya.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Padangpariaman Zahirman, mengatakan, jika para atlet berkebutuhan khusus tersebut memiliki prestasi, tidak tertutup kemungkinan akan diikutkan pada Pekan Olahraga Provinsi Sumbar tahun 2018 yang akan digelar di Padangpariaman.

"Karena tidak ada aturan yang melarangnya. Jika mereka berprestasi peluang untuk itu terbuka sekali," ujarnya.

Peparpelda tingkat Sumbar, sambung Zahirman digelar tiap dua tahun sekali. Para atlet terbaik Peparpelda Sumbar nantinya akan mewakili provinsi di kejuaran serupa tingkat nasional.

OLP