Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padangpariaman Laksanakan Survey Serologi Frambusia (Kusta)

8 Maret 2017 | 8.3.17 WIB Last Updated 2017-03-08T05:25:55Z



Survei Serologi Frambusia (SSF) di Kabupaten Padangpariaman akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 9 hingga 15 Maret 2017 ini. SSF berlokasi di beberapa korong yang tersebar di 10 kecamatan dan Puskesmas yang telah ditetapkan.

"Sasaran dari SSF adalah anak-anak berusia 1 hingga 5 tahun yang berdomisili dalam wilayah Puskesmas tersebut," ujar Jasneli, Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Padangpariaman dalam pertemuan Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan Survey Serologi Frambusia Tahun 2017, Rabu (8/3/2017) di Aula Nan Tongga Beach Hotel Pariaman. Sosialisasi dilaksanakan selama dua hari yakni 7 dan 8 Maret 2017.

Pertemuan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Jonpriadi tersebut dihadiri oleh Pimpinan OPD terkait dan camat selaku perwakilan lintas sektor serta kepala Puskesmas dan tenaga medis yang merupakan  perwakilan lintas program.

Dalam kesempatan itu, Sekda Jonpriadi yang mewakili Bupati Padangpariaman mengucapkan terima kasih kepada Menteri Kesehatan karena telah menetapkan Kabupaten Padangpariaman sebagai salah satu lokasi survey dari 16 kabupaten lainnya di Indonesia.

Rita Djupuri, narasumber dari Direktorat Pengendalian Penyakit Menular Langsung Ditjen PP dan PL Kementrian Kesehatan RI menyampaikan bahwa Penyakit Farambusia sama halnya dengan penyakit Kusta yaitu merupakan penyakit menular yang utamanya mengenai jaringan kulit.

"Penyakit ini tidak menimbulkan kematian, namun apabila tidak ditangani dengan baik akan menimbulkan kecacatan pada penderita," kata dia.

Ia menambahkan, apabila program survey dan Eradikasi Frambusia yang akan dilaksanakan selama tiga tahun ini berjalan dengan baik dan sukses hingga tidak ada lagi ditemukan penyakit Farmbusia, maka Kabupaten Padangpariaman akan memperoleh Sertifikat Bebas Frambusia dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Pada sesi terakhir, juga dilaksanakan penandatanganan Kesepakatan dan Rencana Tindak Lanjut Upaya Pencapaian Eradikasi Prambusia Tahun 2019 oleh Perwakilan Lintas Sektor, Perwakilan Lintas Program dan Dinas Kesehatan Kabupaten Padangpariaman.

Selaku perwakilan dari lintas sektor Anesa Satria, menyampaikan, sesuai tugas dan fungsinya di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Padangpariaman akan menyebarluaskan informasi itu melalui media cetak dan elektronik maupun dalam website dan media sosial yang dimiliki pihaknya.

“Sesuai dengan visi misi pemerintah kita berkewajiban menyebarluaskan informasi baik melalui media cetak dan elektronik maupun dalam website dan media sosial agar masyarakat mengetahui kegiatan yang dilaksanakan pemerintah daerah. Kita telah membentuk PPID dan Pengaduan Masyarakat (Pesduk),” ujarnya.

Anesa berharap masyarakat memberikan informasi dan dapat melaporkan ke Puskesmas atau pada portal pengaduan masyarakat apabila melihat dan mengetahui ada penyakit Frambusia di lingkungannya

“Kami akan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk dapat melaporkan ke Puskesmas apabila melihat dan mengetahui ada penyakit Frambusia di lingkungannya, tentu ini tidak lepas dari kerjasama kita semua,” ujarnya mengakhiri.

TIM
×
Berita Terbaru Update