Mukhlis-- Dasawisma Ujung Tombaknya PKK Pariaman





Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menyatakan Kelompok Dasawisma merupakan ujung tombak bagi PKK Kota Pariaman.

"Yang berarti juga ujung tombak bagi Pemerintah Kota Pariaman," kata Mukhlis pada Pencanangan Bulan Bhakti Kelompok Dasawisma Pariaman tahun 2017 di Hotel Safari Inn, Pantai Kata, Rabu (1/3/2017).

Kelompok Dhasawisma kata dia, langsung terjun ke keluarga-keluarga dalam mengumpulkan data masyarakat-- kemudian diperoleh oleh pemerintah daerah, menjadi acuan bagi pihaknya dalam penanganan berbagai persoalan.

"Karena pembangunan oleh pemerintah tercakup dalam 10 program pokok PKK yang dilaksanakan oleh Kelompok Dasawisma tersebut," sambungnya.

Kelompok Dasawisma di Pariaman saat ini, imbuh Mukhlis, masih di strata fase 'pertumbuhan', sedangkan untuk menjadikan daerah yang masyarakatnya sejahtera dibutuhkan Kelompok Dasawisma dalam strata 'berkembang' dan maju.

Karena itu menurutnya dibutuhkan pembinaan serta bimbingan lapangan dari pihak desa/kelurahan, kecamatan dan Kepala SOPD kepada masing-masing Kelompok Dasawisma, dalam rangka menaikan strata dari tumbuh menjadi berkembang.

"Kalau bisa menjadi strata maju," ucap Mukhlis.

Mukhlis berharap dengan pencanangan Bulan Bhakti selama satu bulan itu dapat meningkatkan strata Kelompok Dasawisama yang ada di Kota Pariaman.

Senada dengan Mukhlis, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Pariaman Reni Mukhlis mengatakan, Bulan Bhakti Kelompok Dhasawisma yang dicanangkan bisa melecut kader dasawisma dalam menaikan strata-nya.

Saat ini menurutnya terdapat sebanyak 986 Kelompok Dasawisma kategori 'tumbuh' yang tersebar di seluruh Kota Pariaman.

"Bulan bhakti kelompok dasawisma diharapkan bisa melecut para kader agar melengkapi indikator untuk menjadi dasawisma yang berstrata 'berkembang' dan 'maju'," pungkasnya.

Masih dalam cara yang sama, diserahkan piagam bagi pemenang lomba Dasawisma tingkat Kota Pariaman. Juara pertama diraih oleh Astuti Ketua Kelompok Dasawisma Desa Marunggi, pemenang kedua Ismarni dari Kelompok Dasawisma Desa Bungo Tanjuang dan juara ketiga Putri Mardhatilah dari Dasawisma Desa Palak Aneh.

TIM