Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kominfo Bertekad Jadikan Padangpariaman Smart-City

10 Maret 2017 | 10.3.17 WIB Last Updated 2017-03-10T23:54:30Z




Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Padangpariaman siapkan program strategis berbasis Teknologi Informasi (TI) pada sistem pemerintahan daerah di Padangpariaman.

Dinas tipe A yang baru berdiri sejak 1 Januari 2017 itu, Menurut Kepala Dinas Kominfo Zahirman, di Tiram, Ulakan Tapakis, Jumat (10/3/2017), menyebutkan, memalui empat bidangnya telah mempersiapkan program kerja jangka pendek dan jangka panjang, diantaranya menyiapkan sistem finger print berbasis online, menyiapkan sistem IT di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Nagari, serta merencanakan Musrenbang berbasis TI.

"Sehingga tidak ada lagi OPD tanpa aplikasi IT di tahun 2018," ujarnya.

Selain penataan TI di sistem pemerintahan, dijelaskan Zahirman, pihaknya juga akan menjadikan seluruh wilayah Padangpariaman terkoneksi jaringan internet-- agar tidak ada lagi daerah blank-spot internet di Padangpariaman seperti yang dialami kawasan wisata kuliner Tiram.

"Kita bertekad menjadikan Padangpariaman daerah Smart-City sebagaimana yang tengah diterapkan Kota Pariaman," sambungnya.

Untuk menjadikan Padangpariaman Smart-City, imbuh dia, pihaknya akan menjadikan beberapa kawasan publik bebas Wifi, jaringan telepon internet gratis OPD dan nagari, serta membangun kerjasama dengan provider telekomunikasi untuk menerapkan SMS Gateway.

Dalam silaturahmi dengan wartawan tersebut, ditambahkan Zahirman akan perlunya membentuk Forum Dialog Informasi (FDI) oleh pihaknya untuk menjembatani kebutuhan informasi wartawan dengan pemerintah daerah, baik oleh bupati dan wakil bupati hingga ke setiap OPD yang ada.

"Sehingga tidak terjadi miskomunikasi antara wartawan dengan pemerintahan terkait informasi," pungkasnya.

Ketua PWI Pariaman Ikhlas Bakri menyambut baik langkah Kominfo Padangpariaman membentuk FDI. Kata dia, selama ini ada beberapa data yang diperoleh wartawan di lapangan yang berlainan dengan data yang dimiliki beberapa OPD, sehingga dibutuhkan konfirmasi lebih dalam.

"Kita menyambut baik langkah ini sehingga tidak ada salah persepsi data, ini demi kebaikan masyarakat Padangpariaman," ujarnya.

OLP
×
Berita Terbaru Update