Baru Dilantik, Pengurus KAN IV Angkek Padusunan Miliki Kantor Baru



Walikota Pariaman diwakili Asisten III Lanefi resmikan pemakaian kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) IV Angkek Padusunan sekaligus menyaksikan pelantikan Pati Ampalu-- pengurus KAN periode 2017-2022 di kantor yang dihuni di Desa Talago Sariak, Rabu (15/3/2017).

Menurut walikota disampaikan Lanefi, pemerintah saat ini memiliki komitmen besar dalam menghidupkan kembali roh bernagari alam Minangkabau di Kota Pariaman. Oleh sebab itu bagi setiap KAN yang telah menyerahkan tanahnya ke pemerintah, langsung dibangunkan kantor melalui dana ABPD Kota Pariaman.

Ungkap dia, saat ini saja sudah lima kantor KAN yang telah dibangun oleh Pemko Pariaman plus dana operasional tahunan sejumlah Rp12 juta per kantor KAN.

Kantor KAN yang telah dibangun, harap walikota, agar dipergunakan untuk kegiatan musyawarah nagari, pelestarian adat budaya kepada generasi muda, sehingga keminangan Pariaman benar-benar terlihat rohnya.

Ia menambahkan, keberadaan Dubalang dan Barakai di setiap desa di Pariaman dan merupakan yang pertama di Sumbar, adalah bukti nyata kembali hidupnya roh bernagari di Pariaman.

Ketua KAN IV Angkek Padusunan yang baru dilantik Amir Hosen Dt Bandaro Putiah, menyatakan, KAN IV Angkek Padusunan melingkupi 7 desa di Kecamatan Pariaman Timur, yaitu Desa Talago Sariak, Pakasai, Kampung Gadang, Kampung Baru Padusunan, Bato, Batang Kabuang dan Desa Koto Marapak

"Tanah kantor KAN ini dibeli dari swadaya masyarakat sebesar Rp70 juta, untuk pembangunannya, dibangun oleh Pemko Pariaman. Karena itu kami mengucapkan terimakasih atas perhatian Pemko Pariaman terhadap kehidupan banagari di Kota Pariaman," ujarnya.

Hadir dalam acara itu Anggota DPRD Sumbar, Zalman Zaunit, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Nurdin, Kepala Dinas Kominfo Yalviendri, Kepala Dinas Koperindag dan UKM Gusniyeti Zaunit, Camat Pariaman Timur Hendri Chaniago dan Pengurus LKAAM Pariaman.

Ikut dilantik Sekretaris KAN Syahmial dan Bendahara Syahril Sjahnuddin bersama 33 pengurus KAN IV Angkek Padusunan lainnya yang dilantik oleh Wakil Ketua LKAAM Kota Pariaman Samwir Ali.

TIM