Wow! Pulau Angsoduo Masuk Lokasi Penyelenggaraan MTQ Sumbar


Walikota Pariaman Mukhlis Rahman mengakui tantangan terbesar baginya adalah mewujudkan masyarakat Pariaman yang sadar wisata. Menjadikan masyarakat sadar wisata menurutnya lebih sulit dibanding membangun sarana prasarana pariwisata itu sendiri.

"Membangun masyarakat sadar wisata butuh dukungan dan kerjasama oleh semua pihak, termasuk dari masyarakat itu sendiri dan pelaku pariwisata," ujar Mukhlis di hadapan hadirin SPSC Padang di Pantai Gandoriah Pariaman, Sabtu (18/2/2017).

Sinar Pagi Sport Club (SPSC) sendiri merupakan komunitas olahraga joging dan sepeda yang bermarkas di Kota Padang. Mereka adalah komunitas elit yang para anggotanya merupakan pejabat dan pengusaha ternama. Sebanyak 243 anggota SPSC hari itu menghelat Family Gathering di Pariaman. Mereka berangkat dari Padang menuju Pariaman dengan Kereta Api Sibinuang.

Mukhlis yang didampingi Wakil Walikota Genius Umar melanjutkan, pihaknya menginginkan Pariaman kian hari semakin ramai dikunjungi wisatawan dari seluruh penjuru nusantara, bahkan hingga ke manca negara. Pariaman bagi semua orang. Untuk itu ia bertekad menjadikan Kota Pariaman semenarik mungkin, hingga Pariaman menjelma menjadi destinasi wisata didukung oleh masyarakat sebagai pelaku wisata.

"Pembangunan pariwisata yang gencar kita lakukan semuanya demi dan untuk masyarakat. Dengan ramainya orang berkunjung ke Pariaman, ekonomi masyarakat akan terangkat sehingga meningkatkan taraf hidup mereka," sambung Mukhlis.

Berbagai destinasi wisata baru, dijelaskan Mukhlis, terus dibangun di sepanjang Pantai Pariaman, termasuk di kawasan Pantai Kata yang sebentar lagi akan menjadi lokasi penyelenggaraan MTQ ke-37 tingkat Sumbar di Kota Pariaman akhir tahun 2017 ini.

Selain itu, sebut Mukhlis, Pulau Angsoduo juga akan mendapatkan pembenahan khusus. Pulau Angsoduo juga menjadi salah satu lokasi khusus bagi penyelenggaraan cabang lomba MTQ yang sudah disetujui oleh panitia MTQ tingkat provinsi.
 

Ketua Umum SPSC Padang Martias Rusli menyatakan bahwa Pariaman kian hari makin tacelak saja. Berbagai infrastruktur yang baru dibangun di sepanjang Pantai Pariaman mencengangkan pihaknya.

"Karena itulah kami memilih Pantai Pariaman sebagai lokasi Family Gathering," ujar Martias.

TIM