Meriah, Kantor Desa Taluak Yang Baru Diresmikan




Walikota Pariaman Mukhlis Rahman didampingi Ketua DPRD Mardison Mahyuddin resmikan penggunaan Kantor Desa Taluak yang baru, Senin (20/2) di desa setempat.

"Dengan adanya kantor desa yang representatif ini hendaknya dapat meningkatkan motivasi terhadap pelayanan kepada masyarakat," ujar Mukhlis.

Mukhlis menyatakan bahwa kian hari tugas kepala desa makin berat dalam melayani masyarakat. Kepala desa menurutnya harus memiliki inovasi dalam menjalankan roda pemerintahan desa serta membuat peraturan di desa nya masing-masing.

Dengan naiknya dana desa, sambung Mukhlis, pengelolaan anggaran oleh pihak desa harus dilakukan dengan bijaksana dan bersih secara administrasi.

"Saat ini baru Kota Pariaman di Indonesia yang diakui oleh Bank Dunia dalam penerapan Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) sejak tahun 2016. Ini adalah motivasi bagi seluruh kepala desa di Kota Pariaman," ungkapnya.

Di samping itu, sambung Mukhlis, program magrib mengaji yang gencar dilaksanakan pemerintah kota, hendaknya diikuti oleh setiap desa yang ada.

Ia menambahkan, kawasan Taluak Pariaman merupakan kawasan pariwisata dengan Pantai Kata-nya yang indah. Ia berharap masyarakat dapat mengambil keuntungan dari hal tersebut sekaligus menjaganya.

Peresmian kantor ditandai dengan pengguntingan pita, kemudian dilanjutkan dengan makan bersama.

Desa yang dikepalai oleh Khairul sejak tahun 2014 itu, bersama LPM dan BPD setempat membangun kantor desa dari dana desa dengan anggaran Rp200 juta di atas tanah seluas 8x18 meter.

"Dengan adanya kantor baru ini, kami di pemerintahan desa, lebih dapat memberikan kontribusi yang positif bagi warga. Kami selaku aparatur desa selalu memakai prinsip pelayan masyarakat," tuturnya.

TIM