Diklat TIK Sumbar Jadikan Pariaman Daerah Observasi




Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Pariaman, Yalviendri, terima rombongan observasi lapangan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknologi informasi telekomunikasi (Tik) Provinsi Sumatera Barat, Selasa (28/2/2017), di ruang rapat Balaikota Pariaman.

Yalviendri mengatakan saat ini Kota Pariaman sedang memasuki tahap perwujudan smart city dengan mendayagunakan Tik dalam segala urusan pemerintahan, seperti birokrasi, pencatatan hingga perbendaharaan.

Saat ini menurutnya Pariaman telah memiliki aplikasi Simda, Simbangda, e-Puskesmas dan Si Upiak. Aplikasi tersebut menurutnya dalam rangka memudahkan ASN dan publik dalam berbagai pelayanan.

"Tik memudahkan kita membuat data, proses birokrasi yang tidak berbelit. Tugas masing SOPD bisa dilakukan pemantauan dengan baik dalam rangka menuju pemerintahan yang bersih dan baik," ujarnya.

Ia menyatakan, saat ini pariwisata Pariaman sedang berkembang-- dan banyak acara-acara pelatihan kedinasan dan badan usaha swasta yang menjadikan Pariaman sebagai daerah observasi mereka.

"Kunjungan saat ini saja secara tidak langsung akan menguntungkan bagi pariwisata Pariaman. Silahkan nikmati kuliner Pariaman dan kunjungi berbagai destinasi wisata menarik yang ada di Pariaman," sebut mantan Kabag Humas itu.

Rombongan tersebut tergabung dalam BPSDM Sumbar yang diketuai oleh Armyson. Rombongan terdiri dari 30 orang ini dari berbagai SOPD Provinsi Sumbar.

TIM