Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pasar Pariaman Berusia Lebih 100 Tahun

4 Januari 2017 | 4.1.17 WIB Last Updated 2017-01-04T05:51:59Z
Pasar Pariaman beberapa tahun lalu (afa journey)



Pembangunan Pasar Pariaman rencananya akan mulai dianggarkan pada APBD Tahun 2017 untuk tahun 2018. Pembangunan akan dilakukan oleh pemerintah daerah atas kesepakatan dengan pedagang pasar Pariaman.

"Atas kesepakatan dengan pedagang opsinya dibangun oleh pemerintah. Sebelumnya ada tiga opsi yakni tidak dibangun, dibangun pihak swasta atau oleh pemerintah daerah," ungkap Kepala Dinas Koperindag Kota Pariaman Gusniyetti Zaunit, di Pariaman, Rabu (4/1/2017).

Dia menyatakan, dalam tahun 2017 seluruh rancangan dan anggaran pembangunan Pasar Pariaman akan disiapkan sebelum diajukan ke DPRD Kota Pariaman untuk pengesahan anggaran.

Luas kios yang akan dibangun nanti, sambung dia, seluas 3x4 meter dengan jumlah sebanyak yang ada saat ini.

"Sebanyak jumlah kios yang ada," ungkapnya.

Pasar Pariaman sendiri telah berusia lebih dari 100 tahun. Pasar Pariaman dibangun awalnya sejak zaman Belanda dengan nama "Los Berangin" karena merupakan los besar lepas tanpa ada sekat dinding. Pasar Berangin dibangun seiring ramainya Pariaman saat itu sebagai daerah perdagangan yang didukung dengan adanya pelabuhan dan kereta api. Pasar Pariaman lebih dulu dibangun beberapa tahun sebelum stasiun kereta api diresmikan pihak Belanda.

Kemudian, atas kesepakatan beberapa nagari, Pasar Pariaman dipugar dengan nama Pasar Serikat yang dikelola oleh seorang Marak sebagai kepala pasar di awal kemerdekaan-- saat Pariaman dipimpin oleh Bupati Padangpariaman pertama Sutan Hidayat Syah (1945-1946). 


Selanjutnya Pasar Pariaman kembali dipugar dalam beberapa kepemimpinan Bupati diantaranya Syamsu Anwar, JB Adam dan Muhammad Noer dalam rentang medio 1960 hingga 1975. Di awal pemerintahan Bupati Anas Malik, Pasar Pariaman terbakar yang menghanguskan hampir seluruh kios yang ada.

Kemudian Pasar Pariaman yang bertahan hingga sekarang, dibangun di masa kepemimpinan Anas Malik. Juga dikepalai oleh seorang marak. Pasar Pariaman itu telah melewati cobaan beberapa kali gempa bumi.

Di masa kepemimpinan Walikota Pariaman pertama Nasri Nazar, pengelolaan Pasar Pariaman diserah kelolakan kepada Pemko Pariaman tanpa menghilangkan sejarah pasar serikat milik beberapa nagari.

OLP
×
Berita Terbaru Update