Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jamba Maulid Nabi Bi'dah? Ini Kata Suhatri Bur

24 Januari 2017 | 24.1.17 WIB Last Updated 2017-01-24T12:14:07Z



Wakil Bupati Padangpariaman Suhatri Bur hadiri sekaligus serahkan bantuan kepada panitia Maulid Nabi Muhammad SAW di Surau Pimpiang Korong Tanjuang Baliak, Nagari Lareh Nan Panjang Kecamatan VII Koto, Senin (23/01).

Mantan Ketua KPU Padangpariaman itu juga menyinggung tentang 'Jamba' yang sering dikritik sebagian kalangan sebagai hal yang mubajir saat Maulid Nabi. Menurut dia, Jamba yang dibuat oleh masyarakat adalah sebagai wujud syukur dan ucapan terima kasih kepada nabi junjungan yang telah berjasa merubah akhlak umat manusia.

Maulid dan Jamba, sambung dia adalah budaya asli Padangpariaman yang harus dilestarikan. Jamba juga sebagai media perekat silaturahim antar jemaah yang hadir.

"Pada hari biasa kita jarang berjumpa dan bercerita dengan saudara, saat maulid lah silaturahim kembali dirajut dan ditingkatkan sehingga tali persaudaraan semakin kuat. Saat itu juga kita saling bertukar kabar. Dengan budaya ini, kita dapat membudayakan meramaikan dan memakmurkan surau, masjid dan mushalla," kata dia.

Ia menambahkan, saat ini budaya mendatangi mesjid kadang dianggap tidak modern oleh sebagian kalangan sehingga mereka malas datang di acara kebesaran umat muslim di surau-surau.

"Kalau memang pahamnya tidak merayakan silahkan saja kita tidak mempersoalkan. Begitu juga dengan yang memiliki paham bahwa Maulid Nabi harus dirayakan maka tidak boleh juga orang lain melarang atau mempermasalahkan," tegasnya.

Ia menyatakan pihaknya selalu mendukung setiap perayaan Maulid Nabi yang dihelat oleh masyarakat. Pihaknya juga perlu menjelasakan bahwa Maulid Nabi yang diselenggarakan masyarakat bukan bi'dah.

"Jika ada yang mengatakan itu bid'ah maka bisa dikatakan orang tersebut tidak mau bersyukur dan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Nabi Besar Muhammad SAW semasa hidupnya," pungkasnya.

Turut hadir saat itu Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Ali Amran dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Zahirman. Kedatangan Suhatri dan rombongan disambut hangat oleh walinagari dan masyarakat setempat.

ASM/OLP
×
Berita Terbaru Update