Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Batagak Gala, Archandra Tahar Hadir di Acara Puncak

6 Desember 2016 | 6.12.16 WIB Last Updated 2016-12-06T05:31:09Z




Mukhlis Rahman selaku walikota Pariaman pimpin rapat persiapan spesial iven "Pariaman Batagak Gala" yang akan dihelat selama tiga hari dari tanggal 23 hingga 25 Desember 2016, di Aula Balaikota setempat, Senin (5/12).

Menurutnya, spesial iven betemakan adat istiadat tersebut, untuk menumbuhkan nilai-nilai adat di tengah masyarakat disamping juga bertemakan pariwisata.

Selama ini, pihaknya telah menggelar puluhan iven kepariwisataan untuk mendatangkan orang sebanyak mungkin ke Pariaman. Dan itu telah sukses mengangkat perekonomian masyarakat oleh daya ungkit yang ditimbulkan oleh perkembangan Pariaman sebagai kota tujuan wisata di Sumbar.

Mukhlis mengharapkan, dengan semakin ramainya orang berkunjung, semakin banyak pula yang ingin tahu adat istiadat lokal yang dianut masyarakat Pariaman seperti pengangkatan Datuak dalam kaum/suku adat.

Dalam spesial iven Pariaman Batagak Gala, Pemko Pariaman melibatkan LKAAM, baik kota Pariaman maupun Sumbar.

Mukhlis Rahman bergelar Datuak Rajo Basa kaum Sikumbang ini, pada kesempatan itu juga menyatakan spesial iven Pariaman Batagak Gala akan dihadiri oleh putra Piaman asli Archandra Tahar yang sekarang menjabat Wakil Menteri ESDM RI.

"Iya. Juga akan dihadiri oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, tokoh adat yang di ranah, maupun di rantau," ujar Mukhlis yang juga Ketua LKAAM Kota Pariaman itu.

Sekretaris LKAAM Pariaman Priyaldi menambahkan, ada prosesi yang menjadi kewenangan LKAAM sebagai lembaga adat dalam spesial iven Pariaman Batagak Gala.

"Yakni malewakan gala selama tiga hari dari tanggal 23 hingga 25 Desember. Malewakan Gala merupakan ketentuan adat yang hanya boleh dilakukan oleh LKAAM sebagai lembaga adat di Minangkabau," ujarnya.

Selain malewakan gala, Pariaman Batagak Gala juga diisi acara tradisi Rang Piaman lainnya seperti silek, musik gambus, sipak rago, tampilan seni simarantang, randai dan sumarang nan duo baleh.

Skedul acara selama tiga hari di rumah Tabuik Subarang tersebut diawali dengan peragaan musik gambus dan pagelaran seni silek harimau lalok.

"Kemudian mandabiah kabau dilakukan tanggal 24 yang dihadiri semua penghulu dan datuak. Juga dibacakan makna dari mandabiah kabau tersebut," pungkasnya.

Sedangkan acara puncak 25 Desember adalah "Malewakan Gala" dengan prosesi pasambahan batagak penghulu, pemasangan saluak oleh Ketua LKAAM Provinsi, pemasangan keris dan saluak oleh gubernur.
 

Penyerahan tungkek oleh pucuak undangan Archandra Tahar, terakhir panitahan/penasehatan penghulu oleh Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat. Acara ditutup dengan makan bajamba.

Sementara itu tokoh masyarakat Pariaman Syahril Amiruddin, dengan kehadiran Archandra Tahar, dia menilai, pemerintah dan lembaga adat disertai masyarakat Pariaman, ingin menghapus keraguan tentang Kepariamanan seorang Archandra Tahar.

"Semoga Archandra tidak berhalangan pada acara itu karena masyarakat Pariaman sangat menantikan kehadirannya di kampung halaman. Kehadiran Archandra Tahar saya yakini makin menyumarakan spesial iven Pariaman Batagak Gala," pungkasnya.

Pariaman Batagak Gala akan malewakan sekitar 20 pucuk pimpinan adat atau yang biasa disebut 'panghulu adaik' oleh masyarakat Pariaman.



OLP
×
Berita Terbaru Update