Aprinaldi: Porprov Sumbar Jadi Laga Atlet Impor




Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padangpariaman, Aprinaldi, menyatakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar XIV di Padang, sejatinya ajang pembinaan olahraga bagi seluruh atlet asal Sumatera Barat, bukan sekedar ajang pengumpul medali semata dengan mendatangkan atlet dari luar provinsi.

"Ke depan harus dibuatkan regulasi agar yang berlaga di Porprov adalah atlet asli binaan daerah di seluruh wilayah Sumatera Barat, karena jika ini dibiarkan, olahraga di Sumatera Barat tidak akan berkembang," ujarnya di Pariaman, Minggu (4/12).

Ia menuturkan, tidak masalah atlet daerah membela daerah lain, asalkan masih satu wilayah Sumbar. Namun jika sudah atlet luar provinsi yang didatangkan, hal itu bertentangan dengan semangat dan cita-cita pengembangan olahraga prestasi di Sumbar.

"Atlet Padangpariaman murni atlet lokal yang melalui proses pembinaan jangka panjang. Kita menyayangkan ada daerah peserta Porprov sampai mengimpor atlet luar provinsi berlaga di Porprov, itu bertentangan dengan semangat proses pembinaan olahraga di daerah yang mengedepankan kemajuan atlet lokal," sambungnya.

Aprinaldi menambahkan, meski hanya menempati posisi 5 pada Porprov Sumbar XIV, dengan raihan 51 keping medali emas, pihaknya bangga karena hasil keringat putra-putri Padangpariaman asli. Pada cabang tenis lapangan bahkan Padangpariaman meraih juara umum.

Sementara itu, media centre tuan rumah Porprov XIV juga mendapat kritikan tajam dari kalangan praktisi media dan netizen. 


Perolehan medali yang diunggah melalui website www.porprov14sumbar.padang.go.id, hingga hari ini (4/12) tidak memiliki hasil hitungan yang akurat. Mereka hanya konsentrasi menghitung perolehan medali Kota Padang. Mulai dari awal berlangsungnya Porprov, website tersebut tidak bisa menjadi rujukan.




OLP