UKM Pariaman Miliki 200 Domain Pasarkan Produk Secara Online




Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, buka acara pemberdayaan masyarakat bertajuk Indonesia Go Online 1 Juta Domain yang dilaksakan di ruang pertemuan Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Kota Pariaman, Rabu (09/11).

Menurut Genius, pada dasarnya Go online merupakan pengembangan teknologi informasi melalui pengolahan data yang diproses untuk disampaikan dalam berbagai bentuk teknologi komputerisasi.

Go online, tambahnya, juga memiliki arti tertentu agar dapat dimanfaatkan atau dimengerti oleh manusia, memperluas dan memperbaiki kondisi manusia, atau paling tidak memperbaiki efisiensi manusia.

“Oleh sebab itu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media, teknologi yang diterapkan akan merubah beberapa aspek pola budaya dari konvensional ke digital,” jelas Genius.

Aspek tersebut, ungkap Genius meliputi tata cara masyarakat dalam berbisnis, berinteraksi dan bersosialisasi melalui jaringan internet. Internet saat ini sudah dimanfaatkan secara luas untuk pengembangan berbagai bisnis oleh masyarakat yang melihatnya sebagai peluang.

"Hal positif itu dilakukan untuk memberikan informasi bisnis seluas-luasnya ke seluruh jaringan internet dengan menggunakan domain agar lebih mudah diingat pelanggan. Peluang itu saat ini terbuka lebar dan sudah digunakan secara massif," jelasnya lagi.

Pemko Pariaman, kata Genius, melalui program "kampung digital" yang dilaunching dua tahun lalu, telah menginisiatif kesadaran masyarakat untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi informasi untuk kepentingan bisnis masyarakat. Persaingan bisnis modern menurutnya harus cepat disiasati oleh pemerintah daerah.

Kepala Dinas Koperindag Gusniyeti Zaunit, menambahkan, hingga tahun 2016, UKM binaan Pemko Pariaman sudah memiliki sebanyak 200 domain untuk memperlancar usaha kecil menengah masyarakat dalam memasarkan produk di jejaring internet.

“Selain untuk memasarkan produk, teknologi informasi juga mempermudah pelaku UKM untuk memperoleh informasi terbaru yang bersangkutan dengan usahanya," sebutnya.

TIM