Padangpariaman Targetkan Peringkat II di Porprov XIV Padang

Ketua KONI Padangpariaman Aprinaldi, S.Pd, M.Pd



Kabupaten Padangpariaman membidik posisi runner up atau juara II pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumatera Barat (Sumbar) ke XIV yang akan dihelat dari tanggal 19 hingga 29 November 2016 di Kota Padang. Porprov Sumbar sendiri akan diikuti oleh 19 kontingen olahraga dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Sumbar.

Menurut Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Padangpariaman, Aprinaldi, Selasa (15/11), di Pariaman, kontingen olahraga Padangpariaman akan mengikuti 30 dari 33 cabang olahraga yang akan diperlombakan.

Sedangkan untuk target perolehan medali emas, Aprinaldi meyakini kontingen yang diketuai oleh Letkol Arh Endro Nurbantoro dengan menurunkan sebanyak 460 atlet itu mampu meraih 75 keping medali emas.

Dari 30 cabang olahraga yang diikuti, jelas Aprinaldi, ada empat cabang olahraga unggulan Padangpariaman yang diyakininya akan sukses mendulang medali emas sebanyak mungkin yakni, pada cabang olahraga panahan, wushu, angkat berat dan sepakbola.

"Target posisi juara II sangat rasional mengingat perolehan juara III pada Porprov sebelumnya di Dharmasraya (2014). Persiapan yang kita lakukan untuk menghadapi Porprov juga sudah maksimal," ujar Aprinaldi.



Aprinaldi menyatakan, kontingen Porprov Padangpariaman akan dilepas secara seremonial oleh Bupati Padangpariaman pada hari Rabu tanggal 16 November sekitar pukul 14.00 WIB di IKK Paritmalintang.

"Sedangkan keberangkatan kontingen (olahraga) Porprov (Padangpariaman) ke Padang yakni pada tanggal 19 November di Kantor KONI Padangpariaman secara konvoi," terangnya.

Aprinaldi menyampaikan ada beberapa kendala yang dihadapi KONI Padangpariaman terkait belum cairnya dana KONI Padangpariaman yang sudah dianggarkan di APBD Perubahan tahun 2016.

"Sebagian dana ada di APBD 2016 dan APBD Perubahan 2016, pencairan dana di APBD Perubahan hingga kini belum turun karena mesti menunggu persetujuan Gubernur (Sumbar)," sebut Aprinaldi.

Terpisah, Kabag Humas Padangpariaman Hendra Aswara menyatakan bahwa Porprov 2016 adalah mementum bagi kabupaten Padangpariaman karena pada tahun 2018 akan menjadi tuan rumah Porprov selanjutnya.

"Pak Bupati memberikan kepercayaan penuh pada KONI Padangpariaman. Target dua besar pada Porprov 2016 dan juara umum pada Porprov 2018 dimana Padangpariaman akan menjadi tuan rumah," ujar Hendra Aswara.

Untuk cabang olahraga sepakbola, kata Hendra, bupati menargetkan perolehan medali emas untuk mengulangi sukses di Porprov ke XII tahun 2012 di Payakumbuh/Limapuluh Kota.

"Sepakbola berulang kali bupati katakan adalah "bungo galeh" nya Porprov. Bupati meyakini Padangpariaman mampu kembali merebut medali emas di Porprov Padang nanti," ungkap Hendra.

Untuk meraih posisi runner up pada Porprov 2016 di Padang, diterangkan Hendra, pihaknya telah banyak melakukan persiapan dengan menggelar berbagai kejuaran olahraga di tingkat Padangpariaman dan mengikuti berbagai perlombaan tingkat Sumbar hingga nasional.

"Sehingga para atlet terus meningkatkan kemampuan karena selalu mengikuti berbagai kompetisi," jelasnya.

Untuk kesiapan Padangpariaman menjadi tuan rumah pada Porprov 2018, kata Hendra, Pemkab Padangpariaman akan membangun sejumlah gedung olahraga dan bekerjasama dengan Semen Padang dan BP2IP terkait sarana olahraga.

"Padangpariaman sudah sangat siap. Menjelang perhelatan 2018 sejumlah gedung olahraga baru akan bisa dipergunakan disamping sejumlah gedung olahraga lainnya yang sudah tersedia," pungkas Hendra.


Sebagaimana diketahui, Kabupaten Padangpariaman menempati urutan ketiga pada Porprov XIII Dharmasraya dengan total perolehan 147 medali dengan rincian 57 emas, 40 perak dan 50 perunggu.

OLP