Kota Pariaman Kembali Raih Juara I "The Most Improved Wisata Peduli Award" Sumbar




Kota Pariaman kembali meraih anugerah pertama "The Most Improved Wisata Peduli Award" 2016. Penghargaan serupa juga diraih pada tahun 2015.

"Predikat ini bukti keseriusan Pemerintah Kota Pariaman dalam mengelola dan mempromosikan wisata dan destinasinya, baik untuk kawasan Sumbar sendiri, secara nasional bahkan hingga ke mancanegara," kata Wakil Walikota Pariaman Genius Umar saat menghadiri malam pemilihan Uda Uni Sumatera Barat tahun 2016, sekaligus malam penganugerahaan Wisata Peduli Award 2016, bertempat di UPI Convention Centre, Lubeg Padang, Kamis malam (10/11).

Menurutnya, upaya pemerintah daerah dalam membangun berbagai infrastruktur sarana prasarana penunjang pariwisata, diiringi pula dengan promosi, ditambah menggelar berbagai iven, membuat kota Pariaman kian menarik untuk dikunjungi.

"Peningkatan kunjungan wisatawan ke Pariaman sangat tajam dalam dua tahun terakhir. Di tahun 2015 tercatat sebanyak 2,5 juta pengunjung. Untuk tahun 2016 kita menargetkan 3 juta pengunjung," sebut Genius.

Disamping itu, Genius juga mengapresiasi kinerja tekhnis jajaran di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman yang telah sukses menggelar berbagai iven olahraga, kuliner, budaya pesisir, seni tradisional, dan beragam atraksi menarik lainnya dalam rangka meramaikan kota Pariaman.

Di saat yang sama, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Pariaman, Efendi Jamal, membenarkan bahwa Kota Pariaman telah 2 kali meraih posisi pertama di ajang "The Most Improved" kategori Kawasan Potensial Pariwisata Provinsi Sumatera Barat.

"Untuk Posisi II diraih oleh Kabupaten Solok Selatan, dan posisi  III ditempati Kabupaten Dharmasraya," ujarnya.

Dikatakan, juara I sampai III untuk kategori "The Best Achievement" diraih oleh Kabupaten Pesisir Selatan, diikuti Kabupaten Agam dan Kabupaten Lima Puluh Kota. Sedangkan untuk kategori "The Best Performance" kawasan utama Pariwisata Sumatera Barat, diraih oleh Kota Bukittinggi, diikuti Kota Padang dan Kota Sawahlunto.

Untuk ajang Uda Uni Sumatera Barat, Uni Kota Pariaman yang diwakili oleh Lisa Putri Manela hanya meraih Uni harapan I Sumbar. Lisa Putri Manela merupakan Cik Uniang Kota Pariaman 2016.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Kapolda Sumatera Barat, bupati dan walikota se Sumatera Barat, Kepala Dinas Pariwisata se Sumatera Barat, para desaigner asal Sumbar, para dewan juri, peserta dan suporter masing-masing daerah yang memenuhi UPI Covention Centre.

Juned/OLP