HUT KORPRI, Suhatri Bur Imbau ASN Terdepan Berantas Pungli



Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur, melepas lomba gerak jalan jantung sehat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-45 di Pasa Dama Paritmalintang, Rabu (23/11).

Gerak jalan yang diikuti ribuan peserta dari unsur ASN Padangpariaman, TNI/Polri, siswa dan masyarakat itu, menempuh rute sejauh 2,5 kilometer.

Suhatri Bur dalam sambutannya mengatakan, HUT KORPRI hendaknya dijadikan momentum bagi ASN untuk meningkatkan disiplin dan kinerja. ASN sebagai aparatur pemerintahan diharapkan pula lebih meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Disamping itu ASN harus bisa menjadi tauladan di tengah masyarakat," ujarnya.

Dia menambahkan, program sapu bersih pungutan liar (saber pungli) yang dicanangkan secara nasional, ASN mesti mampu menjadi garda terdepan dalam pemberantasannya dengan tidak melakukan tindakan pungli dalam setiap pelayanan.

"Berikanlah pelayanan yang prima kepada masyarakat dan tunjukan bahwa kita adalah abdi mereka," kata dia.

Gerak jalan jantung sehat yang digelar Padangpariaman, menurut Sekda Jonpriadi, merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT KORPRI di Padangpariaman, diantaranya, lomba pengucapan panca prasetya KORPRI, lomba mars KORPRI antar SKPD, lomba asmaul husna antar siswa dan lomba shalat janazah.

"Kegiatan lainnya dengan memberikan santunan kepada keluarga miskin dan anak sekolah berprestasi," ujarnya.

Sebelum lomba dimulai, pihak panitia HUT KORPRI juga melakukan pemeriksaan gratis tekanan darah, gula darah dan kolesterol kepada seluruh peserta.

Sedangkan untuk puncak kegiatan HUT KORPRI 29 November 2016, kata dia, akan dilakukan upacara pengibaran bendera dan anjangsana ke panti asuhan.

Terpisah, Ketua Panitia HUT KORPRI Padangpariaman, Zahirman, menyatakan kegiatan yang dilaksanakan mendapat sponsor dari sejumlah pihak, yakni oleh Bank Nagari, BPJS, Baznas Padangpariaman dan PMI Padangpariaman.

"Atas nama panitia dan pengurus KORPRI, kita mengucapkan terimakasih pada sponsor dan pihak-pihak yang telah mensukseskan acara ini," ucap Zahirman.

HS