857 Siswa Sumbar Berlaga di IPA Cup SMA N 2 Pariaman




Wakil Walikota Pariaman Genius Umar resmi membuka IPA Cup ke-28 tahun 2016/2017 yang dilaksanakan oleh SMA N 2 Pariaman, Minggu (30/10).

Lomba tersebut merupakan lomba tertua yang dilaksanakan di Kota Pariaman. Pada tahun 2009 pernah meraih Rekor Muri sebagai ajang lomba yang dilaksanakan berturut-turut selama 21 tahun.

Genius Umar menuturkan bahwa Lomba IPA CUP adalah warisan turun-temurun yang dipertahankan oleh SMA N 2 Pariaman. Genius mengapresiasi terkhusus pada kepala sekolah setempat yang telah menjadikan lomba tersebut menjadi tradisi berkelanjutan.

Dia mengungkapkan awal mula lomba IPA CUP berasal dari satu kelas fisika yang menggagas untuk mengadakan perlombaan antar sesama mereka. Kemudian karena kompetisi antar mereka semakin tinggi, maka dibuatlah perlombaan Fisika Cup untuk siswa se Sumatera Barat. Pada saat itu Genius yang pernah menimba ilmu di sekolah tersebut menjadi pelaksana lomba.

"Karena perubahan kurikulum, kelas fisika sudah tidak ada lagi, berganti nama dengan IPA, sehingga sampai saat ini diberi nama IPA Cup," ucapnya.

Kepala Sekolah SMA N 2 Pariaman Baharudin, menyatakan IPA CUP ke-28 adalah yang terbanyak peserta sepanjang digelarnya. Tercatat sebanyak 857 siswa dan siswi yang berasal dari sekolah se Sumatera Barat mengikuti IPA CUP ke 28 tahun 2016.

IPA CUP diperlombakan selama 2 hari, tanggal 30 s/d 31 Oktober 2016, di SMAN 2 Pariaman. Juara Umum diraih oleh SMA Agam Cendikia, dimana di tahun lalu diraih oleh SMAN 1 Padang.

TIM