SMA N 1 Pariaman Menangi PWI School Jurnalist Competition



Tuan rumah SMAN 1 Pariaman raih piala bergilir PWI Pariaman dan piala tetap Walikota Pariaman atas keberhasilannya mengungguli kompetitor lain dalam rangkaian kegiatan lomba majalah dinding bertajuk High School Jurnalist Competition yang dibentang sejak pertengahan Oktober lalu. Selain itu juga digelar Festival Bahasa dan Sastra.

Urutan berikutnya diraih SMP N 2 Pariaman dan berhak atas piala wakil walikota, serta SMA N 2 Pariaman mendapatkan piala kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga. Sementara SMP N 1 dan SMA N 3 Pariaman tampil sebagai pemenang harapan.

Wakil Walikota Pariaman Genius Umar dalam sambutannya jelang pengumuman pemenang Minggu (30/10), menyatakan apresiasi yang luar biasa atas berbagai inovasi dan kemajuan yang dilakukan SMA N 1 Pariaman, yang tidak terfokus pada satu bidang saja, melainkan dalam banyak hal.

“Dari segi fisik dan tampilan sekolah, setiap kunjungan saya ke sini, selalu terjadi perobahan, demikian juga dalam hal peningkatan sumber daya. Ini bukti nyata kolaborasi yang bagus semua pihak dalam lingkungan sekolah,” kata Genius Umar.

Disaat yang sama, Ketua PWI Pariaman Ikhlas Bakri juga mengapresiasi SMA N 1 Pariaman.

“SMAN 1 Pariaman ikut berpartisipasi melahirkan jurnalis Pariaman dalam rentang waktu tertentu. Sejak awal tahun 90-an bekerjasama dengan Sanggar Paris, beberapa waktu lalu dengan Pariaman Jurnalis Club, dan hari ini dengan PWI Pariaman,” kenangnya.

Sementara Kepala SMA N 1 Pariaman Jaslidar, mengakui berbagai kemajuan dan prestasi yang diraih SMA tertua di Pariaman itu tidak terlepas dari dukungan semua pihak. Tak hanya dalam lingkungan sekolah, tapi juga orangtua siswa, komite sekolah, lingkungan juga binaan dari pejabat di Dinas Pendidikan.

“Baru-baru ini kita berhasil mendapatkan peringkat pertama akreditasi sekolah dengan prediket  A se Sumatera Barat,” kata dia.

Semangat dan kerja keras yang luar biasa, tambah dia, juga diperlihatkan para siswanya untuk berbagai kegiatan demi kemajuan sekolah. Bahkan tanpa biaya sekalipun, serta tak berbatas waktu.

Kerjasama SMA N 1 dan PWI  Pariaman ini diinisiatori Ketua Seksi Organisasi PWI Pariaman Asrul Hendri Binjai. Direncanakan, kegiatan yang sama akan dihelat untuk tingkat Sumatera Barat pada tahun mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman Kanderi, mengharapkan agar lomba tersebut bisa berlanjut  pada waktu mendatang dengan menggilir sekolah sebagai penyelenggara.

IB