Polisi Ini Jadikan Rumahnya Terbuka 24 Jam Bagi Masyarakat



Peran polisi Babinkamtibmas sebagai pembina keamanan dan ketertiban masyarakat di nagari belakangan ini semakin strategis. Persoalan sosial keamanan, ketertiban dan hukum yang terjadi di nagari menuntut keaktifan kehadiran polisi mewakili negara di tengah-tengah masyarakat.

Mengoptimalkan fungsi Babinkamtibmas di nagari telah mendorong salah seorang petugas babinkamtibmas Polsek Nan Sabaris di Nagari Kuraitaji, Aiptu Indrawadi menjadikan rumahnya sebagai rumah babinkamtibmas. Menjadikan rumah pribadi sebagai rumah Babinkamtibmas merupakan salah satu langkah yang dilakukan Indrawadi mengoptimalkan tugas Babinkamtibmas.

"Seperti nawacita presiden menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat, kehadiran rumah Babinkamtibmas di wilayah binaan adalah wajudnya kami lakukan didaerah," kata Indrawadi.

Indrawadi menuturkan, rumah Babinkamtibmas ditujukan untuk menerima keluhan masyarakat di nagari binaan terutama gangguan khamtibmas dan menemukan solusinya. Rumah Babinkamtibmas dibuka selama 24 jam dan menampung informasi dan keluhan masyarakat.

"Biar lebih dekat dengan rakyat dan menjalankan fungsi polisi, tentu kita harus berada di tengah-tengah rakyat. Keamanan dan ketertiban salah satu tujuan dibukanya rumah babinkamtibmas ini," ujarnya.

Selain itu, keberadaan rumah Babinkamtibmas di nagari juga diberikan konsultasi hukum kepada masyarakat yang ada di nagari.

"Sudah banyak masyarakat yang konsultasi juga, konsultasi hukum, ada juga yang mediasi juga," ulasnya.

Kapolsek Nan Sabaris, AKP Gunawan Wibisono menuturkan, dioperasikanya rumah Babinkamtibmas merupakan strategi yang dilakukan oleh polisi agar fungsi pembinaan keamanan dan ketertiban yang dilakukan di nagari lebih optimal.

Cara ini, tutur Gunawan, salah satu cara polisi mendekatkan diri dengan masyarakat dan menghilangkan jarak antara polisi dengan warga.

Operasional dan rumah Babinkamtibmas merupakan rumah pribadi milik petugas Babinkamtibmas Polsek Nan Sabaris sekaligus dijadikan kantor. Hal ini mendorong agar Babinkamtibmas lebih banyak waktu bersama dengan masyarakat.

Sementara itu, walinagari Kuraitaji, Zardi menyambut baik dibukanya rumah Babinkamtibmas di Nagari Kuraitaji. Bagi Zardi, sosok Aiptu Indrawadi dikenal sebagai sosok polisi murah senyum dan dekat masyarakat Nagari Kuraitaji.

TIM