Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Triathlon 2016 Digelar di Pantai Cermin

20 Oktober 2016 | 20.10.16 WIB Last Updated 2016-10-20T07:20:17Z



Pemerintah Kota Pariaman melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) kembali menggelar Pariaman Internasional Triathlon. Pariaman Triathlon ke-III tahun 2016 akan dipusatkan di Pantai Cermin, bukan lagi di Pantai Gandoriah sebagaimana iven serupa di tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Budpar Efendi Jamal, didampingi Kabag Humas Yalviendri di Ruang Rapat Walikota Pariaman, Kamis (20/10), menyebutkan bahwa pihak penyelenggara bersama EO yakni FTI (Federation Triathlon International) Indonesia dan Sumbar hari ini akan melakukan survey akhir lapangan untuk memastikan terselenggaranya iven tersebut dengan baik pada tanggal 5 dan 6 November 2016.

"Hari ini adalah survey akhir lapangan oleh panitia Triathlon. Untuk Triathlon kali ini seluruh arena merupakan kawasan sepanjang pantai. Hal ini dimaksudkan untuk eksplorasi kawasan wisata pantai oleh para atlet," ungkapnya.

Sementara itu perwakilan FTI Pusat Zaki Badruddin, menyatakan bahwa hingga saat ini sudah ada 350 orang dari 15 negara yang telah mendaftarkan diri sebagai peserta di Pariaman Triathlon 2016.

"Pendaftaran dilakukan secara online di website kami www.pariamantriathlon.com. Di web bisa dilihat keseluruhan peserta yang akan berlaga nanti," ungkap dia.

Dia menambahkan, beda Triathlon 2016 dengan tahun sebelumnya adalah jika dulu seluruh peserta yang berlaga dibiayai ongkosnya, untuk sekarang seluruh peserta yang ikut harus membayar uang pendaftaran kepada panitia.

"Jadi Pariaman Triathlon sudah mendapat tempat bagi mereka. Jika dulu mereka dibayar, sekarang kita dibayar. Ini bagus bagi pengembangan pariwisata," imbuhnya.

Dia menerangkan, pada Pariaman Triathlon 2016 juga akan diperlombakan kelas Duathlon bagi pelajar se provinsi Sumatera Barat.

"Kelas pelajar dari umur 13 sampai 18 tahun. Kelas non elit ini gratis pendaftaran, bertujuan untuk mencari bibit baru atlet-atlet Triathlon dari Sumatera Barat," ujarnya.

Disamping itu juga dikatakan bahwa panitia bekerjasama dengan Dinas Budpar akan berupaya membuka akses masuk sebesar-besarnya bagi masyarakat yang ingin menyaksikan pertandingan sport tourim tersebut.

"Acara ini untuk masyarakat Pariaman dan wisatawan, kita akan buka akses semudah-mudahnya bagi pengunjung. Kita akan lakukan cipta kondisi yang baik bagi pengunjung. Sejauh ini kita sudah bekerjasama denga dinas perhubungan dan Polres Pariaman," kembali Efendi Jamal.

Pariaman Triathlon tahun 2016 dibiayai oleh APBD Kota Pariaman tahun 2016 dengan total biaya Rp1,2 milyar. Diharapkan acara tersebut berdampak positif bagi pengembangan pariwisata yang berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat.

OLP


×
Berita Terbaru Update