Menkes Nila Moeloek Akan Launching Germas Nasional di Lubuk Alung

                                                                 Rapat persiapan Germas


Diagendakan Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek akan melaunching Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Nasional (Dermas) di Padangpariaman. Hal itu dikatakan Bupati Padangpariaman Ali Mukhni usai memimpin rapat persiapan acara, kemarin (24/10) di IKK Paritmalintang.

Menurutnya penetapan launching Germas di Padangpariaman karena daerah itu dinilai kementerian berhasil dalam peningkatan kesehatan masyarakat dengan berbagai program yang dibuat.

"Program kesehatan yang kita buat mendapat apresiasi dari Ibu Menteri," ujar Ali Mukhni.

Program Padang Pariaman Sehat di Padangpariaman, lanjut bupati, dinilai sejalan dengan Germas cetusan pemerintah pusat.
 

Ali Mukhni menjelaskan bahwa GERMAS dilakukan sebagai penguat upaya promotif dan freventif masyarakat untuk mengurangi dan menanggulangi masalah kesehatan dan berbagai penyakit menular atau tidak menular.

"Baik yang menyebabkan kematian maupun kecacatan dan menghindari terjadi penurunan produktivitas penduduk serta pentingnya pelayanan kesehatan," urainya.

Prinsip dari program Germas jelasnya adalah kerjasama multi sektor, keseimbangan masyarakat, kelurga, individu dan golongan dalam siklus hidup.

Launching Germas oleh Menkes RI di Padangpariaman akan dilaksanakan pada tanggal 12 November 2016 di lapangan sepak bola Nagari Sungai Abang Lubuk Alung.

Germas sendiri merupakan program kesehatan dari kemenkes yang merupakan gerakan untuk mendorong masyarakat untuk berprilaku hidup sehat.

Kemenkes melalui Ditjen Kesehatan Masyarakat dilansir di laman web kemenkes mengindikasikan adanya fenomena pola hidup tidak sehat di kalangan masyarakat.
 

Berdasarkan data riskesdas 2007 dan riskesdas 2013, sejumlah faktor resiko perilaku kesehatan yang terjadi, yakni penduduk kurang aktivitas fisik (26,1%); perilaku merokok penduduk sejak usia dini (36,3%); penduduk >10 tahun kurang konsumsi buah dan sayur (93,5%); penduduk >10 tahun minum minuman beralkohol (4,6%).


Fifi, TKIP Dinkes
Editor OLP