Demi Anak Yatim Ali Mukhni Rela Jalan Kaki 1 Km ke ATM



Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengatakan anak yatim piatu merupakan tanggung jawab seluruh masyarakat yang ada disekitarnya, bukan sebatas keluarga saja. Hal itu dikatakan untuk mendorong  peningkatan kepedulian masyarakat kepada anak yatim piatu yang ada disekitar lingkungan

"Anak-anak yatim merupakan tanggung jawab masyarakat di sekelilingnya, bukan keluarga saja dan kepedulian masyarakat sekitar sangat penting," ujar Ali Mukhni saat resmikan program yatim tersenyum di Nagari Pakandangan, Senin (24/10).

Dikatakan, menyantuni anak-anak yatim tidak hanya dengan bantuan ekonomi. Namun juga diperlukan dukungan non material seperti pembinaan dan pendidikan emosional dan spritual kepada anak yatim.

Ia juga mengapresiasi program yatim tersenyum yang digagas Pemerintah Nagari Pakandangan. Dirinya berharap, program seperti ini diadopsi oleh pemerintahan nagari lain di Padangpariaman.

"Kita harapkan program yang peduli kepada masyarakat seperti ini dapat diadopsi diterapkan oleh pemerintahan nagari lain," harapnya.

Ia juga berpesan agar SKPD dilingkungan Pemda Padangpariaman meningkatkan kepekaan terhadap kondisi sosial pada lingkungan sekitar.

"Pegawai harus lebih peka dengan kondisi sosial di sekitarnya, jika ada mendapati kondisi ada anak yatim dengan kondisi lain, pegawai harus ikut membantu," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ali Mukhni yang membawa uang tunai yang terbatas sempat berjalan 1 kilometer untuk mengambil uang melalui mesin ATM yang akan ia bagikan kepada anak yatim.

Ali Mukhni juga berpesan agar anak yatim penerima bantuan program yatim tersenyum meningkatkan prestasi belajar dan ibadah.

Walinagari Pakandangan, Nasyaruddin menuturkan, program yatim tersebut berangkat dari kepedulian pemerintah nagari kepada anak yatim yang ada di Pakandangan.
Ia menargetkan program ini dijadikan program tahunan.

Dalam program yatim tersenyum, pemerintah nagari menyerahkan bantuan berupa seragam sekolah, alat tulis dan uang tunai.

"Kita rencanakan ini berkelanjutan setiap tahunnya, tahun depan akan kita tingkatkan lagi," sebutnya.

TIM