Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

81 Korban Kebakaran Pasar Sungai Geringging Terima Bantuan

28 September 2016 | 28.9.16 WIB Last Updated 2016-09-28T11:50:50Z



Korban kebakaran Pasar Sungai Geringging yang terjadi bulan lalu mengaku bersyukur atas kepedulian daerah terhadap musibah yang menimpanya. Pasalnya, Bupati Ali Mukhni menyerahkan bantuan kepada 81 pemilik kios korban kebakaran melalui bantuan BAZNAS.

“Bantuan ini kami pakai untuk modal dan membeli kayu dan seng untuk kios yang terbakar dulu,” ujar Rini, salah seorang pemilik kios.

Ungkapan serupa juga disampaikan Zainal, bahwa bantuan yang diterimanya akan digunakan untuk membangun kembali kios yang ludes dilalap si jago merah tersebut.

“Terima kasih Pak Bupati, saya gunakan uang ini untuk beli material,” kata Zainal.

Bupati Padangpariaman Ali Mukhni mengatakan, pemerintah daerah komit membantu masyarakat yang dilanda musibah, baik longsor, banjir kebakaran dan lainnya. Hal itu dilakukan agar masyarakat merasakan hadirnya pemerintah di tengah masyarakat. Ia mengaku bantuan yang diberikan tentunya mencukupi bila dibandingkan dengan kebutuhan warga.

“Jangan lihat besar atau kecil bantuan yang diberikan, namun lihat dari kepedulian pemda dan BAZNAS,” kata Ali Mukhni di Aula Kantor Camat Sungai Geringging, Selasa (27/9).

Ketua PAN Sumbar itu juga mengingkatkan agar masyarakat selalu siaga bencana apalagi kondisi geografis daerah ditetapkan sebagai rawan bencana atau etalase bencana di Sumbar.

“Sama-sama kita lihat di Garut Jawa Barat baru-baru ini terjadi bencana banjir bandang menewaskan puluhan orang. Kita tidak ingin itu terjadi di sini, jika hujan lebat, badai, semua harus siaga,” ungkap kandidat kuat Gubernur Sumbar akan datang itu.

Sementara itu Ketua BAZNAS Samsuardi Surma menyatakan, bantuan diberikan untuk 81 korban kebakaran dengan total dana sebesar Rp104.500.000. Ia mengaku baru bisa menyerahkan bantuan sebulan pasca kebakaran karena butuh waktu dalam pendataan dan verifikasi lapangan. Bantaun yang diberikan pun bervariasi tergantung rusak berat, sedang atau ringan.

“Jadi jumlah bantuan bervariasi, ada 3,5 juta hingga 750 ribu rupiah sesuai hasil verifikasi,” kata Syamsuardi.

Penyerahan bantuan tersebut dihadiri Kapolres Pariaman AKBP Rico Junaldy, Camat Sungai Geringging Azwirman, Kabag Humas Hendra Aswara dan perangkat nagari setempat.

HA/OLP
×
Berita Terbaru Update