Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemko Pariaman Perkuat Kerjasama dengan Islamic Development Bank

24 Juli 2016 | 24.7.16 WIB Last Updated 2016-07-24T12:44:56Z



Wakil Walikota Pariaman Genius Umar terima kunjungan Islamic Development Bank (IDB) dan pihak Kementerian PU dalam rangka evaluasi atas kerjasama dengan lembaga tersebut, di rumah dinasnya di Kelurahan Jati Hilir Pariaman, Munggu (24/7).

Rombongan IDB dipimpin oleh Jalaluddin warga negara Kenya dan Abuzar asal Indonesia yang ditunjuk untuk  bertugas di wilayah Indonesia. Sedangkan pihak Kementerian, Konsultan Management Pusat (KMP) Kementerian PU Pera, Laode Jufri , Advisory Program Kotaku Kementerian PU Pera  Arif Rahadi. Rombongan ditemani oleh Konsultan Management Wilayah (KMW) Provinsi Sumbar, Afriadi.

Genius Umar mengatakan kerjasama antara Pemko Pariaman dengan IDB telah berlangsung selama tujuh tahun yakni sejak tahun 2009. Kerjasama itu merupakan langkah serius dalam pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat dengan program Integrated Community Driven Development Project (ICDD) baik tahap 1 dan tahap 2 di Kota Pariaman.

"Akan ada peningkatan kerjasama yang telah berjalan 7 tahun dengan IDB melalui skala prioritas," kata Genius.

Diterangkan, Islamic Development Bank (IDB) atau Bank Pembangunan Islami, merupakan lembaga keuangan multilateral yang didirikan pada tahun 1975 (1392 H) oleh Organisasi Konferensi Islam (OKI) untuk meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi negara anggota dan masyarakat muslim di negara bukan anggota berlandaskan prinsip-prinsip Islami/syariah. IDB berkantor pusat di Jeddah, Saudi Arabia.

Asisten Management Keuangan Korkot V Kota Pariaman, Riki Permana menjelaskan, program yang diberikan oleh IDB bergerak dalam pemberdayaan masyarakat dalam bentuk bantuan PNPM Perkotaan sekarang bertransformasi jadi program Kotaku.

"Selain itu, IDB menekankan pada 3 program tridaya yaitu, ekonomi, sosial dan lingkungan. Hal inilah yang telah kita lakukan selama ini baik mulai dari program PNPM sampai saat ini bernama Kotaku," ucapnya.

Pada tahun ini, terang dia, pihaknya akan menyusun database penduduk miskin di wilayah Kota Pariaman. Untuk implementasi bantuan dari IDB  akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang.

"Yang mana pada tahun lalu bernama 'Bantuan Langsung Masyarakat' untuk tahun depan akan berganti dengan BDI 'Bantuan Dana Investasi', sehingga masyarakat dapat mempergunakannya untuk peningkatan kualitas hidupnya,” terang Riki.

Hadir juga dalam kunjungan IDB ini, Kadis PU Kota Pariaman Asrizal, Kepala Bappeda Fadhli, dan Ketua BDC (Bisnis Development Centre) Kota Pariaman Das’ari.

TIM
×
Berita Terbaru Update