Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Mukhlis Intruksikan Pelayanan Wisata Prima Saat Lebaran

7 Juni 2016 | 7.6.16 WIB Last Updated 2016-06-07T13:24:32Z



Untuk meningkatkan kenyamanan dan keamanan pengunjung (wisatawan) datang ke Kota Pariaman pada saat lebaran, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman telah memerintahkan seluruh jajaran SKPD terkait agar berbenah dan menata kembali kawasan wisata.

Lokasi wisata meliputi Pantai Gandoriah, Pantai Pasir Lohong yang disulap menjadi Taman Anas Malik, Pantai Cermin, Pantai Kata dan Pantai Sunur. Termasuk Pulau Angsoduo dan Penangkaran Penyu.

Sebagai kawasan yang baru berkembang, kata Mukhlis, Selasa (7/6), masih banyak kekurangan dan kelemahan yang perlu dibenahi agar ke depan menjadi lebih baik. Sarana prasarana, pelaku wisata termasuk SDM aparatur yang berintegritas dalam mengkoordinir pelayanan wisatawan di lapangan.

“Saya minta SKPD terkait agar benahi tempat wisata, tidak ada lagi parkir dikelola oleh preman memakai celana pendek, identitas pengelola parkir harus jelas dan tarifnya sesuaikan dengan aturan,” ungkap Mukhlis saat rapat bersama SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman.

Masalah keselamatan dan kenyamanan wisatawan ke pulau, dirinya juga menginstruksikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata bersama Kepala Dinas Perhubungan/Komunikasi dan Informatika agar bersinergi serta bekerja dengan SOP yang telah ditetapkan. Tidak dibenarkan ada kapal lain selain kapal resmi dan melakukan pengawasan rutin terhadap aktivitas pelayanan pariwisata di lapangan.

“Pelayanan kapal ke pulau hanya satu pintu, beri petunjuk arah pembelian tiket resmi dan kontrol naik turun penumpang kapal sesuai dengan aturan keselamatan penumpang. Kita punya Pol PP. Jika ada oknum yang bekerja tidak sesuai dengan aturan, tindak,” tegasnya.

Menanggapi instruksi Walikota Pariaman tersebut, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Efendi Jamal, mengatakan akan menertibkan kawasan wisata bersinergik dengan Kepala Dinas Perhubungan dan Kasat Pol PP untuk kenyamanan dan ketertiban pengunjung.

Terpisah, Kadishubkominfo, Yota Balad, juga akan menidaklanjuti instruksi tersebut, dan akan selalu melakukan koordinasi bersama SKPD terkait termasuk pihak Kamla yakni Pol Air dan TNI.

“Sebelumnya kita sudah melakukan pemeriksaan kelengkapan dan keamanan serta kelayakan seluruh kapal wisata bersama Satpolair, Satpol PP dan TNI AL," kata Yota.

Pihaknya mengaku telah melakukan pemeriksaan izin, kelengkapan sarana dan prasarana serta kelayakan dari 30 kapal yang ada.

"Saya sudah menandatangani  berita acara pernyataan dari pengusaha kapal untuk melengkapi peralatan keselamatan sesuai dengan ketentuan. Pada saat ini sudah ada 6 kapal yang layak sesuai standar resmi. Mudah-mudahan menjelang lebaran akan bertambah,” ungkapnya.

Andi Sikumbang
Editor: OLP
×
Berita Terbaru Update