Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pelajari Tata Kelola dan Kebijakan Strategis, DPRD Cilegon Belajar ke DPRD Kota Pariaman

26 Mei 2016 | 26.5.16 WIB Last Updated 2016-05-26T04:08:01Z



Komisi I dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Cilegon, Banten, lakukan kunjungan kerja dalam rangka studi banding tentang tata kelola pemerintahan dan kebijakan strategis di Kota Pariaman yang dinilainya berhasil, Rabu (25/5).

17 orang rombongan yang dipimpin oleh Ketua Komisi I Abdul Gafar diikuti anggota dan staf sekretariat DPRD Cilegon itu disambut oleh Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Jhon Edwar, Sekretaris Komisi I Riza Saputra, anggota komisi Jonasri dan Hamdani di ruang rapat gabungan dewan.

Menurut Abdul Gafar, secara geografis Kota
Cilegon banyak kesamaan dengan Kota Pariaman. Kota Cilegon memiliki delapan (8) kecamatan berdiri sejak  27 April 1999 bersamaan dengan pembentukan Kota Depok Dengan ditetapkan/disahkannya UU No. 15 tahun 1999 tentang pembentukan Kotamadya Daerah Tingkat II Depok dan Kotamadya Daerah Tingkat II Cilegon.

"Kami merasa iri dengan pembangunan pariwisata yang sejalan dengan budaya lokal di Kota Pariaman. Kami tidak memiliki desa, tapi banyak kekayaan budaya yang belum kita gali dan terekspose ke permukaan," tutur Abdul Gafar.

Dia salut Kota Pariaman berhasil bangkitkan kearifan lokal budaya Minangkabau dengan aktifnya kembali perangkat adat Dubalang dan Bakarai di setiap desa di Kota Pariaman.

Sekretaris Komisi I DPRD Kota Pariaman Riza Saputra mengatakan kepada rombongan DPRD Cilegon bahwa kunci suksesnya pembangunan pariwisata dan kebangkitan kembali kearifan lokal alam Minangkabau di Kota Pariaman adalah sinergitas antara eksekutif, legislatif serta dukungan masyarakat.

Kata dia, DPRD selaku pengesah anggaran selalu sejalan dengan pihak eksekutif dalam memajukan dunia pariwisata sebagai wujud visi misi Kota Pariaman.

"Di sini seluruh SKPD anggarannya fokus pada pembangunan pariwisata, artinya pembangunan pariwisata melibatkan lintas SKPD di eksekutif," ungkap Riza.

Ketua KNPI Kota Pariaman itu mengimbuhkan, selaku legislatif pihaknya juga aktif dalam mempromosikan potensi pariwisata Pariaman di setiap kesempatan, baik di media sosial maupun saat melakukan kunjungan kerja. Semua anggota DPRD adalah marketer pariwisata Pariaman.

"Setiap melakukan kunjungan kerja kami selalu membawa kalender pariwisata Pariaman seperti Festival Pesona Gandoriah yang akan digelar dari tanggal 28 Mei hingga 1 Juni nanti," pungkasnya.

Usai melakukan dialog, rombongan Komisi I DPRD Kota Cilegon langsung menuju Pantai Gandoriah guna studi lapangan.

OLP
×
Berita Terbaru Update