Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padangpariaman Siapkan Konsultan Buat Masterplan Pariwisata

13 Mei 2016 | 13.5.16 WIB Last Updated 2016-05-13T06:25:34Z
Wabup Suhatri Bur mengenalkan Pantai Tiram sebagai pusat destinasi pariwisata di Ulakan Tapakis, Jumat (13/5).
Sektor pariwisata mesti menjadi prioritas pembangunan di Padangpariaman ke depan. Sebab Padangpariaman memiliki potensi destinasi pariwisata yang menjanjikan.

"Apalagi didukung dengan keberadaan bandara internasional minangkabau (BIM). Bila dikelola dengan tepat, maka akan mendatangkan keuntungan terhadap pendapatan asli daerah (PAD)," ungkapkan Wakil Bupati Suhatri Bur usai meninjau kawasan wisata bahari Pantai Tiram di Ulakan, Jumat (13/5).

Kata dia, saat ini pihaknya berkomitmen kuat untuk memajukan pariwisata Padangpariaman. Di Ulakan Tapakis saja, imbuh dia, wisatawan menikmati dua destinasi wisata sekaligus, yakni wisata religius di makam Syekh Burhanuddin dan wisata kuliner di zona Pantai Tiram yang teduh.

Dia menuturkan, Pemkab Padangparaiaman saat ini sedang siapkan masterplan kawasan wisata bekerjasama dengan konsultan sesuai khas daerah. Kemudian memperkuat marketing untuk promosi atau pemasaran ke luar.

"Kita perlu strategi pemasaran pariwisata, tidak perlu meniru-niru apa yang dibuat daerah lain. Fokus pada ke khasan dan potensi daerah," ungkapnya.

Hal yang tak kalah penting untuk memajukan pariwisata, kata Suhatri Bur, yaitu kesiapan sarana dan prasarana dan kesiapan masyarakat. Artinya, infratruktur di objek-objek wisata harus dibenahi seperti jalan, toilet, tempat sampah dan lain sebagainya.

"Masyarakat pun harus dilibatkan untuk menjaga infrastruktur yang telah dibangun. Contoh, toilet yang ada di Ulakan ini harus benar-benar bersih dan jangan sampai kotor. Ini bisa menganggu kenyamanan wisatawan," kata putra Pakandangan itu.

Sinergitas antara pemerintah daerah, media, akademisi, pengusaha dan penggiat pariwisata didorong untuk pemberdayaan masyarakat dan edukasi terhadap pariwisata.

"Pemda tidak bekerja sendiri memajukan pariwisata. Perlu sinergitas stakeholders untuk konsisten meningkatkan daya saing destinasi wisata," pungkasnya.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update