Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

KAN Lubuak Pandan Padangpariaman Masuk Nominasi 6 Besar Terbaik Tingkat Sumbar

19 Mei 2016 | 19.5.16 WIB Last Updated 2016-05-19T15:15:18Z



Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuak Pandan Kecamatan 2 x 11 Enam Lingkung, Kamis (19/5) dikunjungi tim penilai KAN terbaik tingkat Sumatera Barat tahun 2016 dalam memperebutkan peringkat terbaik KAN se Sumatera Barat.

KAN Lubuak Pandan sendiri akan bersaing dengan lima (5) KAN kabupaten/kota lainnya di Sumbar, yakni KAN Pandai Sikek Tanah Datar, KAN Koto Tinggi Agam, KAN Pauh V Padang, KAN Koto Nan Ompek Payakumbuh dan KAN Pakan Rabaa Solok Selatan.

Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur didampingi Sekda Jonpriadi menyambut kedatangan tim penilai yang terdiri dari unsur LKAAM Sumbar, BPM, MUI, Bundo Kanduang, Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif dan Biro Binsos.

Suhatri Bur menyebut bahwa saat ini KAN di Padangpariaman berjumlah 43 KAN yang menaungi 60 nagari di 17 kecamatan. Dari 43 KAN tersebut terpilihlah KAN Lubuak Pandan untuk mengikuti seleksi penilaian KAN tingkat Provinsi Sumbar tahun 2016 ini.

"Kerapatan Adat Nagari sebagai lembaga yang menaungi para ninik mamak penghulu adat di nagari, maka peran lembaga KAN akan memberikan konstribusi yang tidak sedikit dalam upaya memasyarakatan nilai-nilai adat di tengah kehidupan masyarakat nagari," kata dia.

Dirinya menilai, penilaian lapangan KAN sangat penting diselenggarakan setiap tahunnya sebagai usaha merangsang tumbuhnya motivasi, inovasi dan kreatifitas KAN dalam memberikan pelayanan prima, kecepatan pelayanan administrasi dan membangun sumber daya manusia di wilayah kerjanya khususnya di bidang pemberdayaan nilai-nilai adat dan syarak (agama).

Menurut mantan Ketua BAZNAS Padangpariaman itu, terpilihnya KAN Lubuak Pandan telah melalui proses yang panjang sejak awal tahun 2016.

"Alasan lain kenapa KAN Lubuak Pandan ini terpilih, disamping dinilai mampu memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dalam rangka menjalankan fungsi dan peranannya sebagai kerapatan adat nagari juga mampu mensosialisasikan adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah," tuntasnya.

Turut hadir pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Kab. Padangpariaman Mothia Azis, anggota DPRD Sukiman, unsur Forkompinda Kab. Padangpariaman, Ketua KAN Lubuak Pandan Marizal Datuak Manijun, Wali Nagari Budiman, dan unsur tokoh masyarakat lainnya.


ASM/OLP
×
Berita Terbaru Update