Hardiknas 2016 Kota Pariaman: Revolusi Teknologi Dorong Perubahan Cara Belajar




Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman laksanakan upacara akbar dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2016 bertempat di halaman Balaikota Pariaman, Jl. Imambonjol nomor 44 Pariaman Tengah, Senin (2/5). Upacara dipimpin langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman.

Dalam pidato sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan yang dibacakan oleh walikota, mengatakan, era sekarang adalah dunia yang sangat berbeda dengan dunia beberapa dekade lalu.

Perubahan itu terjadi begitu cepat dalam skala eksponensial yang tidak pernah ditemui dalam sejarah umat manusia sebelumnya. Revolusi teknologi menjadi pendorong lompatan perubahan yang akan berpengaruh pada cara hidup, cara bekerja, dan tentu saja cara belajar.

Pidato Menteri Anies dibacakan Mukhlis meneruskan, tak kalah pentingnya adalah komponen kompetensi. Abad 21 menuntut anak-anak Indonesia mampu menghadapi masalah-masalah yang kompleks dan tidak terstruktur.

"Maka mereka membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, kemampuan berpikir kritis dan memecahkan masalah, kemampuan komunikasi serta kemampuan kolaborasi,” sambungya.

Dalam pidato tersebut, dia juga mengajak berbagai pihak perluas keriaan dalam pendidikan dan kebudayaan.

Kepada para pegiat pendidikan, pidato itu, pihak kementerian menyampaikan apresiasi atas peran aktifnya dalam mencerdaskan anak bangsa.

Usai upacara, dilakukan penyerahan hadiah lomba O2SN Kota Pariaman dan lomba marching band. MAN Padusunan raih juara I kategori marching band tingkat SLTA dan SMPN 1 Pariaman sebagai peraih pertama tingkat SLTP.

Rangkaian peringatan Hardiknas dilanjutkan ke Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa di Kelurahan Kampung Jawo, Pariaman Tengah, untuk melakukan tabur bunga dan doa bersama.

TIM