Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gunakan Dana Desa Efektif dan Efisien, Desa Air Santok Wakili Kota Pariaman Tingkat Sumbar

19 Mei 2016 | 19.5.16 WIB Last Updated 2016-05-19T14:25:56Z



Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar sambut kunjungan tim penilai desa/kelurahan berprestasi tingkat Sumatera Barat yang diketuai oleh Syafrizal Ucok, di Desa Air Santok, Pariaman Timur, Kamis (19/5).

Kata Genius, Desa Air Santok merupakan desa terbaik dalam penggunaan dana desa ditambah tingkat partisipasi masyarakat dalam melakukan pengawasan.

Dia menambahkan, dengan total anggaran desa sebesar Rp1,4 milyar, desa tersebut mampu membangun dan menyelenggarakan pemerintahan yang baik dengan penyerapan anggaran yang efektif dan efisien.

"Kepala desa mampu meningkatkan partisipasi masyarakatnya. Bersama masyarakat, Desa Air Santok merencanakan, memutuskan, melaksanakan dan mengawasi pekerjaannya sendiri," ungkap Genius.

Pada kesempatan itu dia juga mengabarkan kepada masyarakat tentang kebijakan kongruen atau pembagian kewenangan antara pemerintah provinsi dengan daerah terhadap berbagai kedinasan di Kota Pariaman, salah satunya dinas pendidikan.

Dengan beralihnya kebijakan tersebut, bersama masyarakat dia berharap semoga pemerintah provinsi mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan kebijakan yang menguntungkan kepada masyarakat, seperti sekolah gratis 12 tahun yang telah dijalankan Pemko Pariaman selama ini.

Adapun terkait penilain desa berprestasi sendiri, kata Syafrizal Ucok, telah terjadi pula indikator penilaian dibanding tahun sebelumnya sebagaimana Permendagri No. 81 tahun 2015.

Dengan keluarnya aturan tersebut, jelas dia, penilaian dilakukan dengan beberapa tahap. Dari administrasi pemerintahan, kewilayahan, kemasyarakatan, klarifikasi ke lapangan dan inovasi kepiawaian kepala desa dalam mengelola desa secara keseluruhan.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Ketua DPRD Kota Pariaman Syafinal Akbar, Wakil Ketua TP PKK Kota Pariaman Ny. Lucy Genius, Ketua DW Persatuan Ny. Afnee Armen, kepala SKPD, Kabag, camat, kepala desa/lurah se-Kota Pariaman, serta selaku tuan rumah Kepala Desa Air Santok, Edison dan unsur masyarakat.

Andi/OLP
×
Berita Terbaru Update