Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dandim 0308 Pariaman: Meski Simbol PKI Belum Ditemukan Intel Tetap Jalan

22 Mei 2016 | 22.5.16 WIB Last Updated 2016-05-22T04:23:33Z



Elemen masyarakat Padangpariaman nyatakan sikap menolak masuk dan berkembangnya paham komunis di Padangpariaman.

Sikap tersebut ditegaskan dalam penandatanagan pernyataan menolak dan mengantisipasi bangkitnya komunis di NKRI oleh bupati Padangpariaman, Dandim 0308 Pariaman, Kapolres Padangpariaman, ketua DPRD Padangpariaman, Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI), Ormas dan LSM se Padangpariaman.

Pernyataan sikap tersebut merupakan bagian dari rangkaian acara peringatan hari kebangkitan nasional (Harkitnas) Indonesia ke 108 tahun 2016. 

Bupati Padangpariaman, Ali Mukhni didampingi wakil bupati Padangpariaman, Suhatri Bur menegaskan sikap pemerintah tegas menolak masuk dan berkembangnya paham komunisme serta bangkitnya organisasi terlarang Partai Komunis Indonesia (PKI) di Indonesia, khususnya kabupaten Padangpariaman.

"Kita tegas menolak masuk dan berkembangnya paham komunis di Padangpariaman apalagi bangkitnya organisasi terlarang PKI yang beridiologi komunisme, tidak ada celah bagi komunis di Padangpariaman," tegas keduanya.

Meskipun terlarang dan ditolak, namun pihaknya belum bisa melakukan tindakan terhadap perkembangan paham komunisme dan PKI. Hal itu dikarenakan, belum ada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis dari pemerintah pusat tentang penanganan serta antisipasi komunisme dan PKI di daerah.

"Kita belum bisa lakukan tindakan kepada pelanggar yang berkaitan komunisme, karena hingga saat ini belum ada juklas dan juknis dari pemerintah pusat tentang tindakan kepada para pelannggar, namun hal tersebut dapat kita koordinasikan dengan instansi lintas sektoral seperti kepolisian dan Kodim 0308 Pariaman," ujar Ali Mukhni.

Tambah dia, meskipun belum terdapat juklas dan juknis penanganan komunisme dan PKI, pemerintah Padangpariaman tetap menghimbau masyarakat untuk antisipasi bahaya laten komunisme dengan meningkatkan keimanan dan peningkatan peran orang tua dan tokoh masyarakat untuk membantengi generasi muda dari paham komunis.

"Orang tua, tokoh masyarakat, tokoh adat harus berperan mengingatkan generasi muda anak dan kemenakan agar jangan disusupi oleh pemahaman radikal kiri ini, seluruh pihak sama sama bertanggung jawab," himbaunya.

Momen hari kebangkitan nasional ke 108 tahun 2016, Ali Mukhni juga mengajak generasi muda untuk bekerja keras untuk membangun bangsa.

Dandim 0308 Pariaman, Letkol. Arh. Endro Nurbantoro mengatakan, paham komunisme dan pergerakan PKI sama bahayanya.

Temuan simbol PKI palu arit menggunakan media buku, baju kaos dan editan foto-foto merupakan provokasi yang dilakukan oleh aktivitas dan tokoh PKI untuk melihat reaksi masyarakat dan pemerintah Indonesia terhadap keberadaan PKI dan penganut paham komunis.

Beredarnya simbol-simbol tersebut dapat diartikan sebagai pertanda bangkitnya gerakan komunis. Pernyataan sikap masyarakat yang tegas menolak paham komunisme dan PKI membuat aktivisnya takut.

"Ini seperti pancingan, disebar seperti itu dan mereka lihat tanggapan dan respon kita, apakah sikap Indonesia menerima atau menentang. Kenyataannya, penolakan oleh seluruh masyarakat melalui tokoh-tokoh akan membuat mereka berfikir ulang untuk bergerak," sebutnya. 

Imbuh Endro, meskipun belum ditemukan indikasi gerakan penyebaran paham komunis dan penyebaran simbol-sombol komunis palu-arit di wilayah komando Kodim 0308 Pariaman, pihaknya melalui petugas unit intel dan babinsa terus melakukan monitor indikasi tersebut. Ia menghimbau masyarakat untuk melaporkan kepada petugas jika menemukan lambang-lambang PKI. 

"Meskipun belum ada ditemukan hal tersebut, kita tetap monitor di lapangan melalui petugas unit dan babinsa, jika masyarakat ada menemukan, dapat melaporkan segera kepada petugas kami atau petugas lain," jelasnya.

TIM
×
Berita Terbaru Update