Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bulan Suci Ajang Pembuktian Peran Dubalang Jaga Keamanan Desa

26 Mei 2016 | 26.5.16 WIB Last Updated 2016-05-26T05:17:49Z



Ketua dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) Kota Pariaman Mardison Mahyuddin mendukung langkah Polres Pariaman yang akan melakukan penertiban dan pelarangan penggunaan petasan dan mercun saat bulan suci Ramadhan.

"Saya sepakat, karena akan mengganggu khusuknya ibadah di bulan suci seperti sholat tarawih," kata Mardison di Pariaman, Kamis (26/5).

Selama bulan suci, imbuh Mardison, dirinya meminta masyarakat aktifkan poskamling di tiap desa dan kelurahan.

"Di samping itu selalu waspada. Kunci rumah, matikan kompor dan cabut peralatan elektronik yang dapat menimbulkan arus pendek penyebab kebakaran saat keluar rumah guna menjalankan ibadah tarawih," sebutnya.

Momen bulan suci menurutnya juga ajang pembuktian bagi para Dubalang dalam menjaga keamanan desanya.

"Dubalang sebagai perangkat keamanan desa harus mampu gandeng pemuda untuk menjaga desa. Baik dari aksi penculikan, perbuatan asusila maupun penyalahgunaan narkoba di desanya," imbuhnya.

Haris (46) warga Pariaman Utara mengaku kesal tiap Ramadhan juga marak dengan petasan.

"Bahkan hingga anak-anak main petasan di depan mesjid. Saya kira peran orangtua juga perlu ditingkatkan dan disadarkan akan bahaya petasan dan dampaknya bagi lingkungan," kata bapak tiga anak itu.

Dia bahkan meminta Satpol PP, Dubalang bersama kepolisian juga memanggil orangtua anak yang main petasan agar ada keseimbangan peran.

"Orangtua juga sebaiknya dipanggil karena melakukan pembiaran. Dubalang punya peran strategis dalam hal ini karena mereka bersentuhan langsung dengan masyarakat," kata dia.



Sebelumnya Kapolres Pariaman AKBP. Rico Junaldy menegaskan akan melakukan penertiban bagi pedagang yang menjual petasan dan mercun.


"Kita ingin ciptakan suasana khusuk di bulan suci. Bagi masyarakat jangan beli petasan dan mercun. Jika tidak ada yang beli siapa yang mau jual," ujarnya.

OLP
×
Berita Terbaru Update