Ali Mukhni Harap Partisipasi Forum Anak Jadikan Padangpariaman Kabupaten Layak Anak




Komitmen menjamin hak-hak dasar anak sebagaimana diamanatkan dalam UU nomor 35 tahun 2014 tentang perlindungan anak, Pemerintah Kabupaten Padangpariaman menggelar acara bertajuk "forum anak" di Hotel Rocky Padang beberapa waktu lalu.

Acara yang dibuka langsung oleh Bupati Ali Mukhni tersebut diikuti oleh 48 siswa-siswi terbaik di seluruhan sekolah se Kabupaten Padangpariaman.

Pada pertemuan forum anak tersebut peserta diinapkan selama 3 (tiga) hari guna ikuti pelatihan pemenuhan hak dan partisipasi anak oleh Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak BPMPKB Padangpariaman untuk mencari 3 orang anak terbaik.

Usai dilakukan seleksi ketat maka terpilih Alpansa Wijaya dari MAN Lubuk Alung, Yunisa Rahmi dari SMA Negeri 1 Padang Sago dan Miftahul Azurianda dari SMA Negeri Lubuk Alung. Ketiga siswa tersebut berhak mengikuti forum anak tingkat Sumbar yang akan dihelat pada tanggal 5 s/d 7 Mei 2016 untuk menjaring peserta tingkat nasional.

"Penting bagi Padangpariaman untuk menciptakan sumber daya manusia berkualitas di masa depan supaya kita tidak kehilangan generasi yang handal dan tidak terjadi yang namanya loss generation," kata Ali Mukhni.

Ali Mukhni menuturkan bahwa kegitan tersebut sekaligus bertujuan untuk meningkatkan partisipasi anak dalam pembangunan dalam sebuah wadah organisasi anak.

"Berorganisasi akan membentuk pola pikir anak. Interaksi dalam organisasi tidak membedakan status sosial para anak," ungkap Ali Mukhni.

Dengan forum anak, Ali Mukhni berharap partisipasi mereka dalam mewujudkan Padangpariaman sebagai kabupaten layak anak.

Di samping itu, Ali Mukhni menegaskan pada para anak agar menjauhi narkoba, miras dan pergaulan bebas yang akan merusak masa depan mereka.

Kontributor TKIP BPM Yen Hendri
Editor OLP