Nasrul Abit Canangkan Kampung KB di Nareh I




Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, mencanangkan kampung Keluarga Berencana (KB) tahap IV di Desa Nareh I, Kecamatan Pariaman Utara, Kamis (14/4). Kata dia, membangun suatu daerah mesti dimulai dari desa dan kampung. Mulai dari pinggiran, sesuai dengan nawacitanya Presiden RI Joko Widodo.

Kampung KB, ungkap dia, merupakan program pemerintah secara menyeluruh untuk menekan laju pertumbuhan penduduk khususnya di wilayah Kota Pariaman agar kesejahteraan masyarakat dapat dicapai. Laju pertumbuhan penduduk di Kota Pariaman mencapai 2,6 persen setiap tahunnya, lebih tinggi secara nasional yang hanya 2,1 persen.

Pencanangan kampung KB di Pariaman merupakan yang ke empat di Sumbar setelah Kota Padang, Kabupaten Pasaman Barat dan Kabupaten Padangpariaman.

Pemerintah, kata Nasrul Abit, sangat fokus menjadikan wilayah Pesisir Pantai sebagai percontohan bagi daerah lainnya.

Alasannya, kebanyakan masyarakat yang tinggal di pesisir pantai miliki anak banyak, sehingga banyak pula permasalahan yang timbul. Mulai dari kemisikinan, tingkat pendidikan rendah, hingga tingginya angka pengangguran.

"Dengan adanya program kampung KB masyarakat diharapkan lebih memahami dan dapat menjalankan program tersebut dalam upaya penyelarasan antara kesejahteraan dengan pertumbuhan penduduk," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pariaman, Genius Umar, menyebut, kesejahteraan masyarakat tidak akan terwujud jika pertumbuhan penduduk tidak terkendali. Jumlah penduduk berkualitas dapat menjadi modal pembangunan.

"Namun sebaliknya jumlah penduduk yang besar tapi tidak berkualitas akan menjadi beban pembangunan. Seberapapun pertumbuhan dan kemajuan yang dicapai akan menjadi sia-sia jika jumlah penduduknya juga terus melaju dengan pesat," ujarnya.

Kampung KB, imbuh dia, merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komprehensif. Kampung KB didisein sebagai upaya pemberdayaan masyarakat terhadap pengelolaan program KB, pemerintah hanya menstimulasi dan melakukan pendampingan. Selebihnya menjadi tanggung jawab masyarakat.

Untuk wilayah Sumbar, terdapat 14 persen penduduk yang bermukim di pesisir pantai atau sekitar 600 hingga 700 ribu jiwa yang menjadi fokus program kampung KB.

TIM