Koto Marapak Wakili Sumbar Lomba PKK KB Kes Tingkat Nasional




Desa Koto Marapak, Kecamatan Pariaman Timur, mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam lomba Kesatuan Gerak (KG) PKK KB-Kes tingkat nasional tahun 2016.

Desa itu sebelumnya terpilih terbaik pertama lomba serupa tingkat Kota Pariaman dan tingkat Provinsi Sumatera Barat yang mengantarkan Koto Marapak masuk nominasi 6 tingkat nasional lomba KG PKK KB-Kes yang akan dinilai pada tanggal 2 Mei 2016.

Tim penilai pusat yang datang pada jadwal tersebut akan menilai lingkungan kantor desa, posyandu dan Paud di desa dan kelengkapan data. Selain itu juga dilakukan dialog dengan para kader posyandu setempat.

Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, saat memimpin rapat persiapan penilaian lomba tingkat nasional di kantor desa setempat, Jum’at (29/4), mengatakan, agar dalam kesiapan lomba, jangan hanya memperhatikan kebersihan dan keindahan tempat dan lokasi penunjang acara saja.

"Tapi juga kelengkapan data-data penunjang dalam penilaian lomba tersebut serta peningkatan SDM para kader PKK dan posyandu yang ada agar memahami pekerjaan yang dilakukannya dengan sungguh-sungguh, sehingga ketika tim penilai dari pusat datang, tidak ada lagi yang menjawab tidak tahu atau alasan lainnya," ujar Mukhlis.

Dia juga menghimbau agar dalam memelihara kebersihan desa jangan hanya berharap dari tenaga kebersihan desa atau BLH saja. Pihaknya meminta keterlibatan aktif seluruh lapisan masyarakat agar tercipta lingkungan sehat.

Walikota dan rombongan kemudian mengecek ke lapangan tempat-tempat yang akan dikunjungi oleh tim penilai.

Rapat persiapan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, Ketua TP PKK Kota Pariaman, Reni Mukhlis, Kadis BP2KB, Definal, Kadis Kesehatan, Bachtiar, Kadishub Kominfo, Yota Balad, Kadis Pertanian Agusriatman, Kadis Sosnaker Afnil, Kepala BLH Syaiful Rizal, Kabag Humas Yalviendri, Camat Pariaman Timur, Hendri, Kepala Puskesmas Padusunan Hendri, Kepala Desa Koto Marapak, Marjoni, para kader posyandu dan PKK serta masyarakat yang hadir.

TIM