Genius Temani Endarmy dan Darmon Tinjau Pelaksanaan UN



Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) SLTA/sederajat sudah memasuki hari ke tiga. Wakil Walikota Pariaman Genius Umar meminta kejujuran dari semua pihak dari kepala sekolah, guru sampai kepada siswa yang menghadapi ujian nasional.

Hal itu dia sampaikan dalam monitoring UN yang turut dihadiri angota DPRD Provinsi Sumbar Komisi V Endarmi dan Darmon, Sekda Kota Pariaman Armen, kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman Kenderi, Rabu (6/4).

"Nilai-nilai kejujuraan pada anak akan berpengaruh bila mereka dewasa nanti. Saya berharap guru harus mampu memotivasi siswa dalam menghadapai UN secara jujur sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka. UN tidak lagi penentu kelulusan sehingga siswa bisa lebih konsentrasi tanpa merasa terbebani seperti sebelumnya,” kata Genius.

Untuk menjamin UN di Pariaman berjalan dengan lancar, kata Genius, pihaknya bekerja sama dengan Kepolisian dan TNI serta adanya pengawasan dari DPRD Provinsi Sumatera Barat untuk menghasilkan hasil intergritas yang tinggi.

Endarmi pada kesempatan itu mengatakan kegiatan monitoring UN tingkat SLTA yang dilakukannya juga dalam rangka menjemput aspirasi dari sekolah-sekolah.

"Kita perhatikan mulai dari kebutuhan-kebutuhan sekolah yang sangat mendesak, sampai dengan perencanaan yang berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” ucapnya.

Dia melihat kegiatan UN di Kota Pariaman berjalan lancar dan tidak ada masalah berarti, mulai dari soal yang masih tersegel rapi sampai ruangan yang dipergunakan siswa dalam melaksankan UN. Rombongan tersebut meninjau 8 sekolah setingkat SLTA.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi, menyebut, UN di SMKN 2 diikuti sebanyak 313 siswa, SMAN 1 diikuti 270 siswa, SMAN 2 diikuti 248 siswa dan SMAN 3 sebanyak 292 siswa.

"Untuk SMK 3 diikuti 199 siswa, SMA 4 263 siswa, SMA 6 127 siswa, dan SMA 5 diikuti 141 siswa," jelas dia.

TIM