Dengan Mobil Keliling, Perpustakaan dan Arsip Padangpariaman Tumbuhkan Minat Baca




Program perpustakaan keliling merupakan salah satu penyelenggaraan perangkat pendidikan non formal dalam hal penyebaran informasi yang cepat ke masyarakat luas dan ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tujuan mulia di atas diimplementasikan oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip Kab. Padangpariaman melalui pemberian pelayanan langsung ke nagari-nagari dan sekolah-sekolah yang berada di wilayah kabupaten sekali sebulan sesuai jadwal yang telah disusun di awal tahun.

Seperti hari Kamis lalu (28/4), mobil perpustakaan keliling hadir di SMA INS Kayu Tanam melayani anggotanya di sana. Kedatangan mobil perpustakaan itu mendapat sambutan antusias dari guru, kepala perpustakaan dan siswa-siswi di SMA INS Kayu Tanam.

Menurut Kepala Seksi (Kasi) Perpustakaan, Zulherjal, peminjaman buku di perpustakaan keliling maksimal 30 buku kepada tiap siswa dan guru dengan berbagai jenis dan judul.

"Buku pengetahuan Agama Islam adalah buku yang paling banyak diminati oleh guru dan siswa SMA INS Kayu Tanam," kata Zulherjal.

Menurut dia, perpustakaan keliling akan terus dilaksanakan setiap bulan ke nagari dan sekolah yang telah ditunjuk oleh Kantor Perpustakaan dan Arsip.

"Terdapat 6 nagari dan 30 sekolah yang dijadwalkan akan terus dikunjungi oleh mobil perpustakaan keliling sampai akhir tahun 2016," ungkap dia.

TKIP/Hutriyal Alwi