Buka Musrenbang, Ali Mukhni Minta Sektor Pariwisata dan Coklat Ikut Dirumuskan





Bupati Ali Mukhni membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Padangpariaman dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2016, di Hall Parik Malintang, Senin, (4/4).

"Musrenbang hari ini merupakan yang pertama kepemimpinan kami sebagai bupati dan saudara Suhatri Bur sebagai wakil bupati. Kami berkomitmen kepada seluruh masyarakat untuk mewujudkan visi 2016-2021 yaitu mewujudkan Kabupaten Padangpariaman yang baru, religius, cerdas, dan sejahtera," kata Ali Mukhni.

Hasil musrenbang, kata bupati, akan mewujudkan sinkronisasi antara perencanaan yang telah disusun di tingkat nagari, kecamatan, Renja SKPD serta kompilasi terhadap pokok pokok pikiran DPRD, sinkronisasi terhadap prioritas dan arah kebijakan pembangunan serta sinkronisasi dengan prioritas pembangunan di tingkat provinsi.

Selanjutnya, kesepakatan Musrenbang ditetapkan sebagai program prioritas yang akan dilaksanakan pada tahun 2017 mendatang.

Bupati mengingatkan stakeholders agar pembangunan yang direncanakan bukan hanya fisik saja tapi juga non fisik dikarenakan potensi Padangpariaman cukup menjanjikan seperti di bidang pariwisata, coklat dan kuliner.

"Promosi coklat harus dikemas secara masif. Saya pun dikenal sebagai Bupati Coklat oleh wisatawan dalam dan luar negeri," ungkap dia.

Terkait dengan kerugian dan kerusakan pasca banjir yang terjadi pada bulan Maret lalu, Ali Mukhni telah mengirimkan surat kepada Badan nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Gubernur Sumbar.

Ia juga memohon penganggaran dari DPRD Sumbar untuk membantu tanggap darurat dan rekonstruksi pasca banjir.

"Tercatat kerugian mencapai Rp53 Milyar, jumlah yang sangat besar. Sekarang kita berjuang untuk meminta dana dari pusat," terangnya.

Kepala Bappeda Padangpariaman, Hendri Satria, kepada wartawan meyebutkan, Musrenbang dihadiri Anggota DPRD Sumbar, Darmon, Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman, Forkopimda, narasumber dari Bappeda Provinsi Sumatera Barat, Sekretaris Daerah Jonpriadi, Kepala SKPD, Camat dan Walinagari serta Pimpinan Organisasi Sosial lainnya. Musrenbang digelar selama tiga hari mulai tanggal 4 s/d 6 April 2016.

"Alhamdullilah, kegiatan Musrenbang berjalan lancar dan banyak masukan dari Bapak Bupati dan DPRD dalam perencanaan Musrenbang ke depan," kata jebolan STPDN angkatan V itu. 


HA/OLP