Pabrik Pupuk di Padang Cakua Diresmikan Gubernur



Pabrik pupuk skala nasional, berlokasi di Desa Padang Cakua, Pariaman Selatan, diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Kamis (24/3).

Kata gubernur, keberadaan pabrik pupuk di Pariaman, Sumbar, miliki peran sangat penting dalang rangka swasembada/kemandirian pangan di Sumbar.

Selaku gubernur, dia menyambut baik operasionalisasi pabrik pupuk milik pengusaha asli daerah Pariaman dibawah bendera PT. Suwarni Agro Mandiri tersebut di kampung halamannya sendiri.

“Suksesnya pengembangan sejumlah industri di Kota Pariaman maupun di daerah lain di Sumatera Barat merupakan hasil kerjasama dan tanggungjawab semua pihak. Bagi Kota Pariaman, satu hal yang sangat membahagiakan, karena ribuan tenaga kerja akan diserap dan petani kita juga akan lebih tenang karena ketersediaan pupuk," kata gubernur.

Sementara itu, Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, menyebutkan, Pemko Pariaman adalah daerah terbuka investasi. Kata dia, pihaknya akan melapangkan jalan investor yang ingin berinvestasi di Kota Pariaman dengan perizinan satu pintu.

Mukhlis menuturkan, pabrik pupuk tersebut telah mampu menyerap tenaga kerja lokal.

"Tentunya akan membuka lapangan pekerjaan baru di Kota Pariaman sekaligus peningkatan ekonomi daerah dan PAD," tutur Mukhlis.

Direktur utama PT. Suwarni Agro Mandiri, Hazmin Maksum, menyebutkan, nama perusahaan produksi pupuk, diambil dari nama ibunya, Suwarni, yang merupakan putri almarhum Sidi Muhammad Ilyas, ulama dan tokoh Muhammadiyah Pariaman, asli Kuraitaji.

Pabrik pupuk berkapasitas produksi 10.000 MT/th (metrik ton/tahun) tegak di lahan seluas 3000 meter persegi di Jalan H. Sidi Muhammad Ilyas, Desa Padang Cakua, Pariaman Selatan, Kota Pariaman,
 

TIM/OLP