Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lompatan Besar Sejarah! "Dubalang" dan "Bakarai" Akhirnya Dikukuhkan

13 Maret 2016 | 13.3.16 WIB Last Updated 2016-03-13T07:59:46Z


Walikota Pariaman, Mukhlis Rahman, saksikan pengukuhkan "dubalang" dan "Bakarai" (petugas kebersihan desa/dusun) untuk pertama kalinya dalam sejarah peradaban modern Pariaman. Pengukuhan usai acara gotong royong itu bertempat di Desa Sikapak Timur, Pariaman Utara, Minggu (13/3).

Mukhlis menuturkan bahwa suku Minangkabau terkenal dengan kehidupan bernagari. Hampir di setiap kabupaten/kota yang ada di Sumbar telah mengalihkan pemerintahan beberapa desa untuk dijadikan nagari.

"Tetapi pengimplementasian kehidupan bernagari itu sendiri belum tampak. Karena itu kami Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman terus melakukan terobosan untuk menghidupkan kembali kehidupan bernagari tersebut, salah satunya dengan pengukuhan hulubalang (dubalang) yang ada di Desa Sikapak Timur ini yang nantinya akan ada pengukuhan dubalang di setiap desa se-Kota Pariaman," ucap Mukhlis.


Dubalang kata Mukhlis adalah perangkat adat dalam kaum, kampung, suku atau desa yang memegang kato mandareh (tegas) yang berdiri di pintu mati atau berhukum tetap.

Dubalang "parik paga desa" ditunjuk oleh kepala desa sesuai dengan kriteria khusus yang telah ditentukan, dengan jumlah maksimal 2 (dua) orang perdusunnya.

Tugasnya bertanggung jawab kepada kepala desa dalam menciptakan ketertiban dan keamanan desa serta menjalankan Perda yang telah ditetapkan oleh Pemko Pariaman dan Peraturan Desa (Perdes) atau yang disebut adat salingka nagari.

Pengukuhan dubalang di Kota Pariaman merupakan kali pertama dilakukan dan juga satu-satunya saat ini di Sumatera Barat.

"Hal ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kita masyarakat Kota Pariaman. Seluruh dubalang parik paga desa yang ada di Kota Pariaman nantinya akan dilantik dan dikukuhkan kembali secara serentak pada bulan Mei 2016 mendatang," jelasnya.

 

Pada kesempatan itu dia juga menyebut pada bulan Februari lalu Pemko Pariaman juga telah mencanangkan Hari Peduli Sampah Nasional yang merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup.

Program itu kata dia memiliki sinergitas yang sama dengan program yang telah dicanangkan oleh Pemko Pariaman yaitu Pariaman Berseri (Bersih, Sejuk, Rindang dan Asri).

"Karena itu kami mengajak instansi pemerintah baik itu Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun masyarakat untuk ikut aktif kembali dalam melaksanakan gotong royong di desa dan instansinya masing-masing. Kita bangkitkan kembali nilai-nilai semangat gotong royong di tengah masyarakat Kota Pariaman," kata dia.


Dalam rangkaian acara yang sama juga dilantik petugas Ketertiban, Kebersihan dan Keindahan (Petugas K3) desa atau yang disebut "Barakai Dusun".

Pengukuhan dan pelantikan Dubalang dan Barakai ini dilakukan oleh Sawirman sebagai Kepala Desa Sikapak Timur, Kecamatan Pariaman Utara.


Untuk Kota Pariaman, ada 55 desa yang akan memiliki petugas sebagai Dubalang atau Parik Paga Desa.

TIM
×
Berita Terbaru Update