Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padangpariaman Tekad Bawa Sumbar Raih 5 Besar PPID Nasional Award

11 Februari 2016 | 11.2.16 WIB Last Updated 2016-02-11T03:55:59Z



Bagian Humas dan Bidang Komunikasi dan Informatika Dishub Kominfo Kabupaten Padangpariaman lakukan studi banding dalam rangka peningkatan kinerja PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) ke Kantor Bagian Komunikasi dan Informatika Provinsi NTB di Jalan Langko No.49, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2/2016).

Kunjungan kerja usai hadiri puncak HPN 2016 di Pantai Kuta, Mandalika, Lombok itu, menurut Kabag Humas Hendra Aswara merupakan kegiatan yang sudah direncanakan sejak awal keberangkatan.

"Tahun 2014 Provinsi NTB raih peringkat satu (I) PPID Award dari Komisi Informasi (KI) Pusat, di tahun 2015 di posisi empat (4). Kita belajar sekaligus menyerap apa yang mereka lakukan dalam rangka pelayanan PPID untuk diaplikasikan di Padangpariaman," kata Hendra Aswara.

Dia meneruskan, Bagian Humas sebagai ujung tombak PPID di Padangpariaman, pihaknya mesti melakukan berbagai upaya untuk peningkatan standar penyajian informasi kepada masyarakat Padangpariaman sesuai tuntutan keterbukaan informasi publik berbasis teknologi informasi.

"Kita merencanakan latih perangkat nagari dan korong agar informasi di tingkat pemerintahan nagari bisa diakses oleh publik, baik peraturan nagari, anggaran hingga prospek di tempat tersebut," ujarnya.

Kepala Seksi (Kasi) Kelembagaan Komunikasi pada Bidang Sarana Komunikasi Dishubkominfo Provinsi NTB, Made Putu Kusuma Wijaya, menyebutkan banyak daerah mengunjungi kantornya untuk sharing informasi terkait PPID yang diterapkan di NTB.

"Semua informasi kita dikelola secara online. Masyarakat bisa akses dengan mudah melalui website kami. Di sana semua informasi dari tiap SKPD dan jajaran pemerintahan ke bawah kita input dari PPID terkait," kata dia.

Made menuturkan di kantornya tersedia ruangan server khusus yang setiap harinya dikelola oleh ahli IT untuk melakukan input data dari seluruh PPID.

"Data yang kita kumpulkan itulah yang diakses oleh masyarakat secara online. Tahun 2015 hanya satu (1) orang yang datang ke kantor (offline) minta data fisik, selebihnya ambil secara online," imbuh Made yang di kantornya mempekerjakan pelajar SMA magang di bidang tata kelola informasi dan data.

Di saat yang sama Kasubag di Bagian Humas Padangpariaman, Heri Sugianto, mengatakan bahwa Padangpariaman bertekad wakili Provinsi Sumbar raih posisi lima (5) besar PPID secara nasional. Kata dia berbagai langkah dan program sudah mulai dilakukan termasuk PPID di SKPD.

"Tahun 2015 kita raih peringkat satu (1) PPID Award tingkat provinsi Sumbar. Kita yakin dengan program yang akan kita jalankan, ke depan PPID Padangpariaman akan bawa Provinsi Sumbar masuk lima besar PPID terbaik nasional," katanya.

OLP
×
Berita Terbaru Update