Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Triathlon 2015 Pembuktian Individu bagi Atlit Internasional

27 November 2015 | 27.11.15 WIB Last Updated 2015-11-27T17:03:43Z



200 atlit dari 24 negara memastikan diri ambil bagian dalam event internasional Pariaman ASTC Triathlon Asian Cup 2015 yang akan dihelat selama dua hari di Pantai Gandoriah Pariaman, 28-29 (Sabtu-Minggu) November 2015.

Menurut Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata (Kadis Budpar) Kota Pariaman, Efendi Jamal, Pariaman Triathlon 2015 adalah event kedua oleh Federasi Triathlon Indonesia (FTI) dan sudah ditetapkan menjadi kalender tahunan sport tourism di Kota Pariaman.

"Tahun 2014 diikuti 10 negara. Tahun ini dua kali lipat lebih, dan 60 atlit diantaranya kelas elit yakni para atlit yang mewakili federasi di negara mereka," kata Efendi Jamal di Pendopo Rumah Dinas Walikota Pariaman yang menggelar jamuan makan malam bersama atlit sekaligus grand opening Pariaman Triathlon Asian Cup 2015, Jum'at malam (27/11).

Kata dia, Pariaman Triathlon Asian Cup 2015 mulai start Sabtu besok (28/11) pukul 07.00 WIB di Pantai Gandoriah. Semua persiapan sudah matang 100 persen termasuk line area cleaning yang dilewati oleh para atlit.

Imbas dari penyelenggaraan event itu, imbuh dia, semua hotel dan penginapan di Kota Pariaman full booking, bahkan beberapa homestay juga hampir penuh.

"Berbagai event yang kita selenggarakan dalam rangka memajukan pariwisata agar Kota Pariaman dikenal luas dunia internasional. Buktinya terjadi peningkatan kunjungan ke Pariaman dari tahun 2014 sebanyak 1.200.000 pengunjung menjadi 1.800.865 di tahun 2015. Wisatawan mancanegara mulai berdatangan ke Pariaman," kata Efendi Jamal.

Di saat yang sama, Nofriadi Syukri, PPTK kegiatan di Dinas Budpar untuk event Pariaman Triathlon Asian Cup 2015 mengatakan, berbagai kelas Triathlon diperlombakan dan hasilnya akan mempengaruhi prestasi para atlit.

"Artinya event ini memiliki point dan sangat penting bagi para atlit. Mereka akan bertarung sekuat tenaga memenangkan lomba karena Pariaman Triathlon Asian Cup 2015 bukan pertandingan eksebisi atau uji coba. Atlit Jepang yang sudah punya reputasi di berbagai event Triathlon internasional mewakili federasi negaranya pada event ini," ucap dia.

Kata dia, event itu juga ajang pembuktian individu bagi para atlit karena di setiap perlombaan tidak ada lagi lomba estafet.

Kemudian, masih kata dia, 60 personil TNI/Polri dari berbagai kesatuan elit seperti Kopassus, Kopaskah, Brimob dll, juga ambil bagian di kelas military.

"Mereka betul-betul anggota pasukan pilihan di kesatuan TNI/Polri. Pariaman Triathlon Asian Cup 2015 merupakan ajang pembuktian siapa atlit yang terbaik dan mempengaruhi peringkat dia," sebutnya.

Di acara grand opening tersebut terlihat hadir Presiden FTI Mark Sungkar, Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Wakil Walikota Genius Umar, Ketua DPRD Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, utusan dari kementerian pariwisata, tokoh masyarakat, Dandim 0308, Kapolres Pariaman dan tamu undangan.

Mereka semua dihibur berbagai pagelaran seni oleh pelakon terbaik Kota Pariaman.

"Selama di Pariaman silahkan nikmati berbagai spot wisata yang kami miliki seperti wisata pulau, kuliner, melepas penyu, diving dan snorkeling. Kota Pariaman selalu terbuka bagi wisatawan," kata Mukhlis.

24 negara yang mengikuti Pariaman ASTC Triathlon Asian Cup 2015 ini adalah; Australia, Kamboja, Kanada, Mesir, Jerman, Inggris, Gibratar, Yunani, Hongkong, Irlandia, Inggris, Jepang, Jordania, Korea Selatan, Malaysia, Philipina, Portugal, Singapura, Republik Syiria, Taiwan, India, Azerbaijan dan tuan rumah Indonesia.

OLP
×
Berita Terbaru Update