Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Start TdS Etape II di Padangpariaman: Hitungan Jersey Dimulai Ratusan Pembalap Semangat

4 Oktober 2015 | 4.10.15 WIB Last Updated 2015-10-04T09:10:09Z



Start etape II Tour de Singkarak tahun 2015 berjalan lancar di Halaman Kantor Bupati Padangpariaman di Parit Malintang, Minggu (4/10/2015). Start yang ditandai kibasan bendera oleh Bupati Padangpariaman Ali Mukhni didampingi Wabup Damsuar, Ketua DPRD Padangpariaman Faisal Arifin, Kapolres Padangpariaman AKBP Roedy Yoelianto, S.IK, Dandim 0308/Pariaman Letkol.Inf. Persada Alam, tepat pada pukul 11.08 Wib tersebut diikuti  ratusan pembalap sepeda oleh 21 team dari 36 negara. Dengan rincian 20 negara asal team ditambah 16 negara asal pembalap sepeda  yang ikut tergabung di dalam team tersebut.

Akibat kegagalan pada grand start etape I di Pesisir Selatan (Sabtu 3/10) yang sempat diulang dua kali, berbagai kalangan sempat berspekulasi akan berimbas pada etape II di mana sebagian team menarik diri dari TdS, ternyata tidak terbukti. Etape II ini juga adalah permulaan pengumpulan jersey bagi pembalap karena saat etape I hal itu dihilangkan dari kategori meski untuk sprint 10 km juaranya dimasukkan dalam catatan panitia.

"Jika ada team yang tidak ikut pada hari ini dinyatakan tidak boleh mengikuti etape selanjutnya," kata panitia MC saat load team (sesion press photo) di atas panggung sebelum start di mulai.


Untuk diketahui, makna di balik pengenaan jersey pada balap sepeda Tour de Singkarak itu jelas. Setiap kaus yang dipakaikan kepada pebalap merupakan penghargaan terhadap prestasi mereka dalam menorehkan waktu tercepat atau meraih poin tertinggi. Jersey kuning untuk juara I, hijau juara 2, polkadot juara 3 dan merah putih untuk pemenang ke-4.
Kabupaten Padangpariaman sebagaimana dituturkan Chairman Tour de Singkarak (TdS) Sapta Nirwandar merupakan daerah start etape II atau stage ke-8 dari 9 etape TdS tahun 2015 di Provinsi Sumatera Barat. Start di halaman Kantor Bupati Padangpariaman di Parit Malintang itu akan finish di SMAN 1 Sumani, Kabupaten Solok setelah menempuh rute 140,2 kilometer. Dari IKK Parit Malintang ratusan pembalap sepeda mengitari Padangpariaman melewati Sicincin, Pauh Kambar, Lubuk Alung kemudian menuju Kota Padang.

Dari Kota Padang, pembalap selanjutnya untuk kali pertama dalam sejarah penyelenggaraan Tour De Singkarak melewati rute maut Sitinjau Laut yang dikenal merupakan salah satu jalan raya paling ekstrim di Sumatera Barat. Usai melewati tantangan mematikan itu para pembalap melewati Kota Solok dan terakhir finish di Sumani Kabupaten Solok.

Menurut Bupati Ali Mukhni, start etape II sekarang tidak kalah meriah dibanding saat Padangpariaman melaksanakan grand opening TdS pada tahun 2014 lalu di mana Padangpariaman tuan rumah penyelenggara grand opening Tour de Singkarak yang mengambil start etape I di Tiram, Ulakan Tapakis.

"TdS bagi Padangpariaman goalnya adalah ajang promosi wisata. Hal itu bisa kita lihat saat start di Tiram. Perkembangan Tiram bisa kita lihat sekarang saat hari libur banyak wisatawan berkunjung ke sana. Kalau untuk makan kita bahkan harus antri," kata Ali Mukhni saat jumpa pers didampingi Dandim Persada Alam.

Dia menambahkan, membangun pariwisata tidak semudah membalikan telapak tangan. Semua parameter harus digunakan agar goal yang di tuju terpenuhi.

"Bicara wisata kita bicara promosi, kenyamanan, keamanan dan pelayanan. Untuk itu peran dari semua elemen harus dilibatkan. Kemudian, Padangpariaman yang dikenal sumber coklat terbaik kita promosikan dengan membagi-bagikannya kepada semua pembalap, official dan tamu VIP untuk mereka bawa pulang," cerdik dia.

Sementara itu, Ketua DPRD Padangpariaman Faisal Arifin sebelum acara di mulai sempat mengatakan start etape II TdS di Padangpariaman harus yang terbaik.

"Kita harus kerahkan semua sumberdaya untuk mewujudkannya termasuk peran publikasi media. Padangpariaman memiliki segala potensi wisata, laut, gunung, dan lembah di mana sebagian daerah hanya memiliki salah satunya. Potensi itu harus kita garap maksimal untuk mengungkit sektor lainnya terutama ekonomi kreatif dan sektor ril yang langsung dinikmati masyarakat," kata keponakan bupati legendaris Anas Malik ini meyakinkan.

Sedangkan untuk pengamanan start etape II dilakukan kerjasama antara Pemkab Padangpariaman dengan Polres Pariaman dan Kodim 0308/Pariaman. Dengan rincian 256 personil Polres Padangpariaman, 50 prajurit TNI Kodim 0308, 26 anggota Satpol PP ditambah puluhan tenaga medis Dinas Kesehatan Padangpariaman dan anggota Dinas Perhubungan dan BPBD Padangpariaman.

"TNI bersama Polres mendukung kebijakan Pemkab Padangpariaman untuk mewujudkan keamanan di Padangpariaman agar wisatawan merasa nyaman. Selain itu peran semua pihak tidak kalah pentingnya dan sangat kita harapkan," kata Letkol.Inf. Persada Alam.

Sebagaimana diketahui, event internasional Sport Tourism Tour de Singkarak memiliki panjang lintasan 1.300 kilometer yang terbagi menjadi 9 etape. Start etape pertama di Pantai Carocok Pesisir Selatan dan finish di Pantai Gandoriah Kota Pariaman menempuh jarak 136 km.


OLP


×
Berita Terbaru Update