Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pariaman Ditunjuk Sebagai Kota Pelaksana Kampanye dan Pelatihan Pengelolaan Lingkungan Hidup di Sumatera

18 September 2015 | 18.9.15 WIB Last Updated 2015-09-18T13:40:26Z


Walikota Pariaman Mukhlis Rahman menuturkan bahwa isu lingkungan sangat penting dalam rangka mendukung dunia kepariwisataan di suatu daerah. Kota Pariaman, menurutnya sangat konsen memanfaatkan lingkungan dan alam yang ada sebagai pariwisata berbasis lingkungan (ecotourism). Hal itu dikatakan Mukhlis Rahman pada acara kampanye dan sosialisasi lingkungan hidup dan kehutanan yang diadakan di Aula Balaikota Pariaman, Jum’at (18/9).

Acara yang diadakan oleh Pusat Pengendalian Pembangunan EkoRegion Sumatera (P3ES) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI itu dihadiri langsung oleh Kepala P3ES Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Amral Fery.

Menurut Mukhlis, dari 145 kabupaten/kota yang ada di sumatera, Kota Pariaman terpilih sebagai salah satu daerah tempat dilaksanakannya acara tersebut.

Kepada para peserta dia mengingatkan agar kegiatan itu bukan hanya sekedar formalitas belaka tetapi dapat diterapkan di kehidupan sehari-hari.

Dia juga mengharapkan agar masyarakat dapat menciptakan kesadaran untuk menjaga kebersihan dimulai dari anak sampai ke orang dewasa, sehingga peran masyarakat dalam mengelola kebersihan dan sampah di lingkungannya dapat terwujud.

Kepala P3ES Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Amral Fery, mengatakan acara itu bertemakan infrastruktur hijau yang mana di inisiasi oleh anggota DPR RI dari Komisi VII.

Kata dia, mulai dari pendanaan dan sarana pra sarana di tanggung oleh anggota DPR RI yang dititipkan melalui P3ES Kementerian Lingkungan Hudup dan Kehutanan RI.

Amral juga mengatakan perlunya kesadaran bersama masyarakat dalam pengelolaan lingkungan agar tidak terjadi bencana kabut asap yang melanda daerah Riau, Jambi dan Palembang yang mengakibatkan polusi udara dalam tingkat membahayakan.

Acara diikuti oleh 170 orang yang terdiri dari  kepala sekolah, utusan desa/kelurahan, bank sampah, karang taruna dan komunitas-komunitas peduli lingkungan di Kota Pariaman.

Pada kegiatan Kampanye dan Sosialisasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada hari itu juga dilakukan praktek pengolahan sampah organik menjadi kompos serta pengolahan sampah kertas dan sampah plastik menjadi barang-barang yang bermanfaat dan bernilai seni.


J/OLP
×
Berita Terbaru Update