Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lipsus KPU Kota Pariaman: Dari Launching Alat Peraga Kampanye Hingga Tanggapan Masyarakat atas DPS Perbaikan

16 September 2015 | 16.9.15 WIB Last Updated 2015-09-16T10:11:25Z
Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria dan Camat Pariaman Utara Yakirman (tengah) foto bersama usai pemasangan baliho.



KPU Kota Pariaman launching alat peraga kampanye berupa baliho ukuran 2x3 meter untuk dua pasang calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2016-2021 di tiga titik lokasi di Kota Pariaman, Rabu (16/9). Baliho dua pasang calon tersebut dipasang secara berdampingan. Penentuan lokasi pemasangan baliho, menurut Ketua KPU Kota Pariaman, Boedi Satria, merupakan hasil kesepakatan bersama antara KPU Kota Pariaman dengan para Camat, Kepala Desa dan Lurah, PPK, PPS, Panwaslu dan Satpol PP Kota Pariaman.

                                         Proses pemasangan baliho paslon

"Lokasi pemasangan alat peraga kampanye berupa baliho pada hari ini adalah tindak lanjut dari rapat koordinasi pada tanggal 20 Agustus 2015 lalu," kata Boedi Satria, di Simpang Apar, Kecamatan Pariaman Utara saat melakukan pemasangan baliho bersama Camat Pariaman Utara Yakirman, Kepala Divisi Hukum KPU Kota Pariaman Aisyah, Kepala Desa Apar, Komisioner Panwaslu Kota Pariaman dan PPK serta PPS.

Menurutnya, baliho ukuran 2x3 meter untuk dua pasang calon yang dipasang di tiga lokasi itu bertempat di Jalan Kereta Api, Desa Apar, Pariaman Utara, Simpang Jagung, Pariaman Selatan dan Simpang Alai Gelombang, Pariaman Tengah.

Setiap titik lokasi pemasangan baliho yang dilakukan serentak hari ini, kata Boedi, masing tempat dihadiri oleh komisioner KPU Kota Pariaman, Camat dan Kepala Desa atau Lurah setempat, Panwaslu Kota Pariaman, dan PPK serta PPS.

Selain itu, dituturkan Boedi, KPU Kota Pariaman juga akan melakukan pemasangan alat peraga kampanye lainnya berupa spanduk dan umbul-umbul di tiap desa dan kelurahan se-Kota Pariaman beberapa hari ke depan termasuk pamflet pasangan calon untuk tiap-tiap rumah penduduk.

"Semua alat peraga kampanye untuk Pilgub Sumbar 2015 disediakan oleh KPU Sumbar sebagaimana ketentuan yang telah diatur. Alat peraga kampanye terdapat logo KPU. Jika ada baliho, spanduk dan umbul-umbul pasangan calon gubernur dan wakil gubernur di luar lokasi yang telah ditetapkan dan disediakan oleh KPU, akan kita lakukan penertiban sebagaimana prosedur sebelumnya," ungkap Boedi menegaskan.

Tiap desa dan kelurahan, KPU Kota Pariaman akan menyediakan satu umbul-umbul dan satu spanduk untuk masing-masing pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Sumatera Barat periode 2016 - 2021 di tempat yang telah ditentukan. Pemasangan alat peraga kampanye juga dilakukan oleh orang yang ditunjuk oleh KPU. Sebagaimana diketahui Pilkada Sumbar diikuti oleh dua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yakni, Muslim Kasim-Fauzi Bahar dengan nomor urut 1 dan Irwan Prayitno-Nasrul Abit pasangan calon dengan nomor urut 2.

Masukan Masyarakat atas Daftar Pemilih Sementara (DPS) hasil perbaikan


Contoh penempelan DPS hasil perbaikan di Desa Apar


Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Kota Pariaman Boedi Satria juga menjelaskan tahapan KPU dalam rangka menerima masukan dan tanggapan masyarakat atas DPS hasil perbaikan KPU tertanggal 3 September 2015.

Dijelaskan dia, dari tanggal 3 s/d 10 September 2015 DPS Kota Pariaman untuk Pilgub Sumbar 2015 akan ditempelkan di masing-masing desa, baik di kantor desa maupun tempat-tempat yang telah ditentukan.

Dari tanggal 10 s/d 19 September, KPU Kota Pariaman memberi kesempatan kepada masyarakat untuk menanggapi DPS yang ditempelkan tersebut.

"Jika dalam tabel DPS yang kami tempelkan itu, ada nama masyarakat belum masuk daftar pemilih, kita harapkan segera daftarkan namanya ke PPS dan PPK setempat untuk dimasukan ke dalam daftar pemilih," pungkasnya.

DPS Kota Pariaman tertanggal 1 September 2015 berjumlah 59.452 pemilih. Sedangkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah sebanyak 155 TPS yang tersebar di tiap desa dan kelurahan se-Kota Pariaman.

OLP
×
Berita Terbaru Update