Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Goro Polres Pariaman dan Pemko, Jadikan Pantai Gandoriah Makin Kinclong

1 Agustus 2015 | 1.8.15 WIB Last Updated 2015-08-01T03:49:07Z



Ratusan anggota Polres Pariaman diikuti Tenaga GO, BLH, BPBD, pemuda, pelaku pariwisata serta para ABK kapal, gotong royong bersama membersihkan Pantai Gandoriah dari sampah-sampah yang berserakan di sepanjang pantai tujuan wisata nomor wahid di Sumbar tersebut, Sabtu (1/8).

Aksi bersih tersebut terjun langsung memungut sampah Kapolres Pariaman AKBP Riko Junaldi, SIK dan Wakil Walikota Pariaman Dr. Genius Umar, M.Si. Menurut Genius, aksi goro yang diprakarsai oleh Kapolres Pariaman bertujuan untuk menimbulkan kesadaran bagi warga setempat dan pedagang akan pentingnya kebersihan pantai dari sampah berserakan.

Dia berharap ke depannya, para pedagang dan pengunjung menyadari pentingnya kebersihan dan malu membuang sampah sembarangan. Dan yang terpenting menimbulkan kesadaran bagi masyarakat akan rasa memiliki pantai itu sendiri. Dengan timbulnya rasa memiliki, kata Genius, kesadaran menjaga kebersihan akan muncul dengan sendirinya.

"Target kita akan keluar sampah tiga truk pagi ini," kata Genius.

Disamping itu, tambah Genius, dia meminta kepada Dinas Pariwisata agar memberlakukan langkah hukum pada para pembuang sampah di sepanjang Pantai Gandoriah dengan memberlakukan denda.

"Kemudian kita juga minta pada Dinas BLH membuat plang himbauan kreatif dilarang membuang sampah di sepanjang pantai," pungkasnya.

Sementara itu Kapolres Pariaman AKBP. Riko Junaldi menyebutkan aksi gotong royong bersih pantai oleh Polres Pariaman di Pantai Gandoriah adalah dalam rangka mendukung program pariwisata Pemerintah Kota Pariaman.

Dia menghimbau agar pelaku pariwisata, baik pedagang, pengunjung dan masyarakat setempat sama-sama menjaga kebersihan agar wisatawan merasa nyaman dan betah.

"Jika wisatawan betah tentu mereka akan menyampaikan kesan yang baik tentang Pantai Pariaman kepada yang lainnya sehingga menimbulkan citra positif," kata Kapolres.

Dengan adanya sinergitas antara Polres Pariaman dan Pemko Pariaman, dia berharap aksi gotong royong bersih pantai menjadi program mingguan.

"Ini intinya mengajak tokoh-tokoh masyarakat di sini, pemuda, dia terutama yang di ke depankan menjaga kebersihan. Dia yang mencari makan di sini kok oranglain yang menjaga, itulah kira-kira pesan yang ingin kita tinggalkan," pungkas Kapolres.

OLP
×
Berita Terbaru Update