Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bangkitkan Nilai Luhur Bangsa, MPR RI Sosialisasikan Program Pemahaman Empat Pilar di Kota Pariaman

22 Agustus 2015 | 22.8.15 WIB Last Updated 2015-08-22T13:47:35Z



Anggota Majelis Permusyawarahan Rakyat (MPR) Republik Indonesia (RI) menggelar acara sosialisasi pemahaman empat pilar MPR RI ke daerah-daerah di seluruh Indonesia. Empat pilar dimaksud yang mereka uraikan secara garis besar tersebut adalah Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara, UUD 1945 sebagai kontitusi Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara. Acara bertempat di Aula Balaikota Pariaman, Sabtu (22/8)

Pada kesempatan itu turut hadir Wakil Walikota Pariaman Genius Umar, para Kepala SKPD, Camat, Kepala Desa/Lurah, dan para guru berserta pengawas sekolah se Kota Pariaman.

Rombongan Anggota MPR yang berjumlah empat orang ditambah dua pendamping itu diketuai oleh Deding Ishak dari Fraksi Golkar, kemudian Khitibul Umam Wiranu dari Fraksi Partai Demokrat, Syafruddin, Fraksi PAN dan Abraham Liyanto dari unsur DPD RI.

Wakil Walikota Genius Umar di kesempatan itu mengatakan bahwa Indonesia berazaskan Pancasila, Undang Undang 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, akan tetapi masih banyak maysarakat Indonesia belum mengerti apa kandungannya.

“Oleh sebab itulah saya minta kepada seluruh guru dan tenaga pendidik lainnya termasuk para orangtua murid harus bisa mendidik, memberikan contoh dan pemahaman yang baik kepada anak anak kita akan pentingnya nilai-nilai kebangsaan sebagai landasan moral berbangsa dan bertanah air," kata Genius.

Kepada tenaga pengajar dan guru sebagai garda terdepan dalam mencetak generasi bangsa, Genius berharap mereka menjadi figur teladan yang baik agar dicontoh oleh para murid.

"Kalau kualitas guru kurang baik dalam mendidik dan mengajar, masa depan negara kita akan rusak. Tetapi jika kualitas guru baik, berintegrasi, cerdas dan berwawasan luas, saya yakini negara kita akan bergerak maju dan punya masa depan yang cerah," katanya lagi.

Dia menuturkan, Pemerintah Kota Pariaman selalu menjadikan sektor pendidikan sebagai program terpenting. Hal itu bisa dilihat dengan program belajar gratis 12 tahun dan antar jemput siswa gratis menggunakan bus sekolah. Bus sekolah gratis oleh pemerintah daerah tidak banyak di Indonesia.

Sementara itu Anggota MPR Deding Ishak menuturkan bahwa Sosialisasi Empat Pilar MPR RI merupakan program MPR RI guna memasyarakatkan kembali nilai-nilai luhur bangsa.

"Mengajak semua elemen bangsa untuk kembali bersama-sama memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia dalan kehidupan," jelasnya.

MPR RI berharap, sebagaimana dituturkannya, dengan diadakanya kegiatan tersebut masyarakat bisa lebih memahami tentang empat pilar tersebut sehingga rasa kebangsaan bisa tertanam di dalam diri setiap anak bangsa.

"Saya berharap kepada masyarakat agar semua ini bisa di implementasikan di dalam kehidupan sehari-hari untuk bangsa dan negara yang lebih baik," tutupnya.


RZ/OLP
×
Berita Terbaru Update