Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Gandeng PT POS, Masyarakat Padangpariaman Hanya Tungu Di Rumah Dokumen Kependudukannya dari Disdukcapil

23 Juli 2015 | 23.7.15 WIB Last Updated 2015-07-23T14:32:40Z



Pemerintah Daerah Kabupaten Padangpariaman melakukan terobosan dalam peningkatan pelayanan masyarakat dengan melakukan kerjasama dengan PT. POS Indonesia untuk pengiriman dokumen kependudukan dan catatan sipil ke rumah-rumah masyarakat. Artinya setiap masyarakat cukup menunggu di rumah saja dan nikmati layanan pengiriman gratis dokumen kependudukan seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Bupati Ali Mukhni seusai Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kepala Regional II PT Pos Indonesia Persero, Yuzon Erman, SE di Ruang Kerjanya, Rabu (22/7). Acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) M. Fadhly,  Kepala Kemenag Masri Can, dan Kabag Humas Hendra Aswara.

"Alhamdulillah, satu lagi inovasi kita lakukan untuk memudahkan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan dan catatan sipil dengan menggandeng PT. Pos Indonesia. Saya kira program layanan gratis ini yang pertama di Indonesia," kata Bupati yang meraih Penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI baru-baru ini.

Ali Mukhni mengatakan sebelumnya masyarakat menjemput dokumen kependudukan dan catatan sipil ke kantor atau unit pelayanan terdekat. Namun sekarang, masyarakat dimanjakan dengan cukup menunggu dirumah dan petugas akan mengantar dokumen tersebut via paket POS.

"Jadi masyarakat bisa hemat biaya, waktu, tenaga dan bisa mengerjakan aktifitas seperti biasa tanpa harus ke Kantor Disdukcapil. Kita punya motto Saatnya Masyarakat Menikmati," kata Alumni Harvard Kennedy School di Amerika Serikat itu.

Sementara itu Kepala Regional II PT Pos Indonesia Persero Yuzon Erman mengapresiasi terobosan yang dilakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Dukcapil dalam upaya meningatkan pelayanan kepada masyarakat. Ia yakin program ini akan menyentuh dan dirasakan langsung oleh masyarakat.

"Kita apresiasi Bupati Ali Mukhni yang sungguh-sungguh dalam memberikan pelayanan prima yang menyentuh langsung kepada masyarakat. Insyha Allah kita siap back up," kata Yuzon Erman.

Kepala Dinas Dukcapil M. Fadhly mengatakan bahwa selaku SKPD yang berhubungan langsung dengan masyarakat dalam pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berkontribusi dalam menentukan tingkat kepuasan masyarakat dalam pelayanaan pemerintah selama lima tahun terakhir.

Berpijak dari berbagai kritikan dan masukan masyarakat melalui sarana pengaduan SMS Center, Dinas Dukcapil berupaya melakukan pembenahan-pembenahan dalam berbagai aspek pelayanan. Diantaranya peningkatan saranan dan prasarana, pembangunan sistem-sistem pendukung pelayanan, penetapan 41 Standar Operasional Pelayanan (SOP),  dan upaya-upaya pengendalian internal yang turut difasilitasi oleh Inspektorat Kabupaten Padangpariaman.

Ditambahkannya sejak tahun 2014 lalu, Disdukcapil berinovasi dalam peningkatan kepuasan masyarakat melalui kerjasama dengan PT POS Indonesia untuk ekspedisi atau pengiriman dokumen pelayanan langsung ke rumah masyarakat baik di dalam maupun di luar Kabupaten Padangpariaman dalam wilayah Indonesia.

Dari hasil uji coba yang dilakukan selama empat bulan terakhir, program ini mendapat respon positif dari masyarakat yang diterima melalui SMS Center dan layanan telepon. Dengan program kerja sama dengan PT Pos ini, kata Fadhly masyarakat bisa hemat biaya transportasi dan waktu dalam pengurusan administrasi kependudukan dan catatan sipil seperti pengurusan KK, KTP, Akta Kelahiran dan lain sebagainya.

"Jadi Layanan ini gratis semuanya sudah ditanggung Pemerintah Daerah. Masyarakat cukup menunggu di rumah saja dan dokumen diantar sesuai alamat," kata Peraih Peringkat I Diklatpim Tk. II Tahun 2013 yang lalu.

Program-program yang dilakukan Dukcapil pada tahun 2014 dan 2015 ini agar lebih bermanfaat untuk masyarakat dan juga dalam upaya menghadapi kompetisi Citra Pelayanan Prima Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2016 mendatang.

"Sesuai arahan Bapak Bupati, kita terus berupaya melakukan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Jebolan STPDN Angkatan VI Jatinangor itu.


HA/OLP
×
Berita Terbaru Update